Sandiaga Silaturahmi Lebaran ke Prabowo, Begini Tafsiran PPP dan Gerindra

0

Jakarta – Ketua Bappilu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno hadir dalam acara open house yang digelar Menhan sekaligus Presiden terpilih Pilpres 2024-2029 Prabowo Subianto. Tafsir bermunculan terkait kehadiran Sandiaga.

Open house digelar Prabowo di kediamannya, Kertanegara, Jakarta pada Rabu (10/4). Kader PPP itu tiba di rumah Prabowo pada pukul 20.35 WIB.

Sandiaga yang didampingi istrinya itu berada di dalam rumah Prabowo selama kurang lebih 30 menit. Dia keluar pada pukul 21.05 WIB. Terlihat senyum sumringah dari bibir Sandiaga saat keluar pintu.

“Ini silaturahmi,” demikian kata Sandiaga singkat di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (10/4).

Sandiaga tidak menjelaskan pembahasannya dengan Prabowo saat berada di Kertanegara selama 30 menit. Dia mengatakan pertemuannya hanya silaturahmi di momen Lebaran.

“Lebaran saja,” tuturnya.

Tafsir PPP

PPP buka suara usai kadernya, Sandiaga Uno sowan ke kediamannya Prabowo. PPP menilai pertemuan itu momen yang lazim dilakukan saat Lebaran.

“Kan momentum Lebaran ya silaturahmi menjalin ukhuwah sesama umat Islam,” ungkapbKetua DPP PPP, Achmad Baidowi atau Awiek, saat dihubungi, Rabu (10/4).

Awiek membantah adanya agenda politik dalam pertemuan Sandi dan Prabowo. Dia mengatakan PPP saat ini masih fokus dalam gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tidak ada agenda politik karena PPP belum ada rapat resmi. Semuanya masih fokus menangani gugatan di MK,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Imam Priyono selaku jubir Plt Ketum PPP, Muhammad Mardiono. Imam mengatakan PPP belum melakukan komunikasi yang berkaitan dengan urusan politik.

“Pertemuan beliau sifatnya silaturahmi Lebaran. Sementara komunikasi politik tentu dibicarakan di kesempatan selanjutnya setelah suasana hari raya nantinya,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan tidak ada pesan khusus yang dititipkan Mardiono kepada Sandiaga saat melakukan pertemuan dengan Prabowo. “Sepengetahuan saya nggak ada,” imbuh Imam.

Tafsir Gerindra

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman merespons Sandiaga Uno yang sowan ke kediaman Prabowo. Habiburokhman menilai ada makna politik di balik kedatangan Sandiaga.

“Tentu kedatangan beliau sebagai sosok penting di koalisi 03, tentu ada makna politiknya. Kita enggak bisa tutupi itu, makna politiknya adalah semangat rekonsiliasi itu ada di semua level. Bahkan di level paling tinggi sekalipun,” kata ucap Habiburokhman kepada wartawan di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, Kamis (11/4).

Habiburokhman menuturkan seseorang tak mungkin bertamu tanpa maksud. Dia berharap rekonsiliasi usai Pemilu 2024 segera terwujud.

“Nggak mungkin orang datang tanpa bisa kita setop makna gestur politik yang muncul, yaitu kesenangan keinginan rekonsiliasi. Memang Pak Sandi datang nggak bawa surat dari PPP, nggak bawa. Tapi orang tahu Pak Sandi adalah di kubu sana, salah satu faktor di kubu sana, datang ke Kertanegara. Tentu semangatnya adalah kembali mempercepat rekonsiliasi,” sambungnya.

Habiburokhman berpendapat semua pihak yang berkontestasi di pemilu sudah bisa berlapang dada menerima hasilnya. Pihaknya pun tinggal menunggu putusan MK di Sidang sengketa.

“Kalau kita lihat baik di grassroot maupun elite, sudah 98 persen suda move on. Pemilu ya pemilu, kontestasi ya kontestasi. Selesai ya lima tahun lagi, kalau mau kita kontestasi lagi. Ini kan tinggal nunggu putusan MK,” pungkasnya.