Menakar Suara Masinton PDIP di Jaksel Usai Pencoblosan

0

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan proses perhitungan suara pemilihan anggota legislatif (pileg) 2024. Perolehan suara bagi para calon anggota legislatif (caleg) pun sudah mulai terlihat.

Dilihat mediaguna.com di situs KPU, Kamis (15/2) pukul 13.22 WIB, surat suara di Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta II yang sudah masuk KPU mencapai 2,66 persen. Jumlah suara di Dapil DKI II yang masuk sebanyak 262 dari 9.844 TPS.

Pada Dapil DKI II, cakupan pemilih para calon anggota legislatif (caleg) DPR RI adalah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri. Ada sejumlah caleg tenar di Dapil DKI II.

Mereka memperkenalkan personal diri dengan berbagai cara, seperti pemasangan alat peraga kampanye (APK) berupa poster hingga banner. Salah satu caleg yang cukup banyak ditemui poster hingga banner di ruang publik ialah politikus PDIP Masinton Pasaribu.

Bahkan video parodi seseorang bertanya arah jalan di Jaksel pernah viral di media sosial (medsos). Parodi tersebut berupa sudut pandang (point of view/POV) seseorang bertanya jalan saat banyak spanduk caleg terpasang di jalanan.

Berdasarkan real count di situs KPU, Masinton Pasaribu sudah mendapatkan 2.411 suara. Di PDIP, Masinton untuk sementara mendapatkan suara terbanyak kedua, di bawah Nurul Agustina. Berikut urutannya:

PDIP

  • Nurul Agustina (2.507 suara)
  • Masinton Pasaribu (2.411 suara)
  • Eriko Sotarduga (2.184 suara)
  • Once Mekel (1.902 suara)
  • Prasetyo Edi Marsudi (1.786 suara)

Secara umum, di Dapil DKI II, untuk sementara suara terbanyak didapat politikus PKS Hidayat Nur Wahid (7.148 suara), politikus Gerindra Himmatul Aliyah (5.439 suara), politikus PAN Uya Kuya (3.870 suara), politikus Gerindra Emil Malik Ibrahim (3.549 suara), politikus Hanura Hanna M Simanjuntak (3.458 suara), politikus PAN Lula Kamal (3.264 suara).

Hasil yang ditampilkan KPU ini merupakan hitung langsung (real count), tapi bukan hasil akhir Pemilu 2024. Proses penghitungan suara oleh KPU masih berjalan untuk menentukan jumlah kursi yang diperebutkan para caleg.

KPU menyatakan publikasi form model C/D hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan memudahkan akses informasi publik.

KPU juga menyatakan penghitungan suara yang dilakukan oleh KPPS, rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu dilakukan secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka oleh PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.