Temuan Survei Poltracking di Jatim: Prabowo-Gibran Menang di 32 Kabupaten/Kota, Anies-Muhaimin Dua Daerah

0

Jakarta – Jelang pencoblosan, Lembaga Survei Poltracking merilis hasil survei terbaru elektabilitas capres-cawapres di Jawa Timur (Jatim). Hasilnya, paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak di Jatim.

“Prabowo-Gibran unggul atas paslon lainnya di Jawa Timur,” demikian kata Hanta Yuda, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Selasa (6/2).

Dalam survei Poltracking di Jawa Timur, elektabilitas Prabowo-Gibran ada di angka 60,1%. Kemudian Ganjar Pranowo-Mahfud Md di angka 17,2%. Sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di angka 14,9%.

“7,8 persen responden di Jawa Timur belum menentukan pilihan,” sambungnya.

Dari hasil survei tersebut diketahui Prabowo-Gibran menguasai 32 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sementara Ganjar-Mahfud menang di 4 kabupaten/kota. Sedangkan AMIN menang di dua kabupaten.

Paslon nomor urut 2 itu menang di Kota Surabaya, Kabupaten Malang, Banyuwangi, Jember, Sidoarjo, Kabupaten Kediri, Kabupaten Pasuruan, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Gresik, Kabupaten Blitar, Tuban.

Kemudian di Sumenep, Kabupaten Probolinggo, Tulungagung, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Lumajang, Bangkalan, Ponorogo, Ngawi, Kota Malang, Pamekasan, Bondowoso, Trenggalek, Kabupaten Madiun, Magetan, Situbondo, Pacitan, Kota Pasuruan, dan Kota Mojokerto.

AMIN menang di Sampang dan Kota Probolinggo. Sementara Ganjar-Mahfud menang di Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Madiun, dan Kota Batu.

Survei Poltracking menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 8.000 yang diambil secara proporsional di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Survei Poltracking memiliki margin of error 1,1%, dengan tingkat kepercayaan survei sebesar 95%. Survei ini dilakukan pada 25-31 Januari 2024 secara tatap muka.