Jonatan dan Anthony Turun Peringkat Usai Turnamen Indonesia Masters 2024

0

Jakarta – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting turun peringkat BWF usai hasil buruk di Indonesia Masters 2024.

Kepastian itu didapat setelah induk federasi bulutangkis dunia (BWF) memperbaharui daftar peringkat atlet-atlet top dunia per tanggal 30 Januari 2024. Termasuk pemain-pemain Indonesia.

Perubahan yang paling kentara terjadi pada Jonatan. Pekan sebelumnya, juara Indonesia Masters 2023 itu menempati peringkat keenam. Tapi di pekan ini, dia merosot ke posisi kesembilan.

Peringkat Jonatan turun karena kandas di babak pertama Indonesia Masters 2024. Padahal di dua turnamen sebelumnya, Jonatan juga kandas cepat, yakni babak 16 besar India Open dan 32 besar India Malaysia Open.

Posisi Jonatan kini ditempati Kodai Naraoka dari Jepang, yang juga turun dari peringkat kelima. Kodai tak tampil di ajang turnamen BWF Super 500 yang bergulir di Istora Jakarta itu.

Tempat Kodai kini diduduki Anthony Ginting, yang pada pekan ini juga mengalami penurunan satu tingkat. Dari sebelumnya di urutan keempat dunia.

Ginting di Indonesia Masters juga gagal menembus final setelah kalah dari Brian Yang dari Kanada di semifinal.

Sedangkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang baru saja menjuarai Indonesia Masters 2024 tak mengalami perubahan posisi. Mereka masih berada di ranking ke-11.

Sama seperti Leo/Daniel, mayoritas pemain top Indonesia juga tak mengalami perubahan. Seperti Gregoria Mariska Tunjung ranking ketujuh, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di urutan ketujuh, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di posisi sembilan.

Adapun ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga tetap berada di posisi kesembilan pada pekan ini, sekalipun tersingkir cepat di babak pertama Indonesia Masters 2024.

Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati berhasil naik tiga tingkat ke posisi ke-17. Disusul Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari yang berada tepat di bawah mereka.

Adapun Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja tak beruntung kali ini, karena mereka turun tiga tingkat ke urutan ke-20.