Meskipun Kalah, Penyerang Australia Angkat Topi untuk Indonesia

0

Jakarta – Penampilan dan keberanian Timnas Indonesia mendapat apresiasi dari penyerang Australia Martin Boyle. Tidak hanya angkat topi untuk tapi ia juga mengacungi jempol atas keberanian skuad Garuda.

Australia membungkam Indonesia dengan skor 4-0 pada laga babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1) kemarin. Meski menang telak, Socceroos sempat dibuat cukup kewalahan dengan pressing yang dilakukan pasukan Shin Tae-yong.

Gol bunuh diri Elkan Baggott pada menit ke-12 menjadi kerugian buat Indonesia. Indonesia sempat menebar sejumlah ancaman, namun belum membuahkan hasil karena penyelesaian akhir yang kurang presisi.

Australia pada prosesnya menggandakan skor pada akhir babak pertama. Upaya Indonesia untuk mengejar mengalami kebuntuan di babak kedua, hingga akhirnya lawan mencetak dua gol di menit ke-89 dan 91 melalui Craig Goodwin dan Harry Souttar.

Terlepas dari skor yang mencolok, Australia memuji keberanian Indonesia tampil menekan sejak sepak mula. Penyerang Martin Boyle menyebut pemain pengganti punya andil besar dalam mengamankan keunggulan di babak kedua.

“Kredit buat mereka, mereka main berani. Babak kedua, kami meredam peluang-peluang mereka,” ungkapnya di Socceroos.

“Itu menunjukkan dampak yang dimiliki para pemain cadangan, pemain-pemain top masuk dari bangku cadangan yang mana itu bagus,” ujar pemain klub Skotlandia Hibernian ini.