Sindir Anies & Ganjar, Andi Arief Demokrat: Sedih Alumni UGM Lemah

0

Jakarta – Sindir calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Kepala Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menyebut keduanya sebagai alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) yang lemah.

“Sedih dua alumni UGM belum apa-apa sudah merasa lemah. Walaupun kalau lihat rekam jejaknya memang keduanya kurang gigih berjuang,” ungkapnya di akun X @Andiarief__, Jumat (12/1).

Baik Andi Arief maupun Anies dan Ganjar merupakan alumnus UGM, Yogyakarta. Andi Arief lulusan Fisipol, Anies lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sementara Ganjar dari Fakultas Hukum.

Ketiganya sempat aktif di organisasi kemahasiswaan kampus. Akan tetapi, hanya Andi Arief yang pernah diculik aparat saat menjadi aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) dan Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi (SMID).

Aktivis mahasiswa yang kritis terhadap pemerintahan Orde Baru kala itu kerap ditangkapi. Khususnya mereka yang terafiliasi dengan PRD dan SMID.

Setelah Orde Baru jatuh, Andi Arief mengikuti jejak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memimpin Partai Demokrat. Ganjar menjadi kader PDIP, sementara Anies menjadi akademisi.

Kini, Andi Arief bersama Partai Demokrat mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024. Demokrat tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju bersama beberapa partai lainnya.

Ganjar Pranowo masih menjadi kader PDIP dan diusung sebagai calon presiden. Dia dipasangkan dengan Mahfud MD.

Anies Baswedan tidak berpartai. Akan tetapi diusung NasDem, PKB dan PKS sebagai calon presiden. Anies dipasangkan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.