Kuatnya Basis Pemilih Jokowi, Timses Prabowo Yakin Menang Besar di Sulut

0

Jakarta – Dukungan masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kepada pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran terus bertambah. Hal ini membuat Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran optimis akan meraih suara signifikan.

Ketua Penasehat Tim Kampanye Daerah (TKD) Sulut Jimmy Rimba Rogi mengatakan Prabowo memang kalah dari Jokowi di 2019. Tetapi kini, dia yakin pemilih Jokowi akan memilih Prabowo di Pilpres 2024.

“Situasi sekarang beda dengan waktu pemilu yang lalu. Memang dulu lawan Pak Prabowo itu adalah Jokowi. Nah, saat ini pendukung Jokowi mendukung Prabowo dan Gibran. Jadi sangat diyakini kemenangan itu ada,” demikian kata Rogi lewat keterangan tertulis, Senin (25/12).

Di Pilpres 2019 lalu, Jokowi-Ma’ruf meraih suara lebih banyak dari pasangan Prabowo-Sandiaga. Kala itu, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 1.220.524 suara, sementara Prabowo-Sandiaga hanya 359.685.

Rogi yakin kondisi 2019 dulu sudah berbeda dibanding saat ini. Apalagi, Prabowo menggandeng putra sulung Jokowi sebagai cawapres yakni Gibran Rakabuming Raka.

Faktor lain yang membuat Rogi yakin bisa meraih banyak suara di Sulawesi Utara karena Prabowo adalah keturunan Minahasa. Diketahui, ibu Prabowo yakni Dora Sigar berdarah Minahasa.

“Saya sangat yakin pasti menang (Prabowo-Gibran). Karena, Prabowo berdarah Minahasa. Ditambah lagi faktor-faktor lain yang mendukung beliau,” ujar Rogi.

Sementara itu, kelompok relawan Pro Rakabuming Raka (Praka) menargetkan lebih dari 60 persen suara di Sulut pada Pilpres 2024. Ketua Praka Sulawesi Utara Hillary Brigitta Lasut yakin dengan target yang ia pasang tersebut.

“Target kami di Sulut suara Prabowo-Gibran 60-70 persen,” kata dia mengutip Antara.

Belum lama, Gibran Rakabuming juga berkampanye di Sulut. Tepatnya sehari setelah debat Pilpres 2024 pada 22 Desember lalu.

Gibran hadir dalam perayaan Natal Partai Golkar, pertemuan dengan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Sulut dan perayaan Natal dengan anak-anak di Desa Lotta, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Selama kunjungan tersebut, Gibran membagikan buku serta alat-alat tulis kepada anak-anak panti asuhan.

Walikota Solo itu mengucapkan terima kasih kepada penduduk Sulawesi Utara atas sambutan hangat yang diberikan. Dia memuji kegembiraan perayaan Natal serta toleransi yang tinggi di masyarakat Sulut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada warga Sulawesi Utara yang sudah menyambut kami dan merayakan Natal,” pungkas Gibran.