Intens Konsolidasi di Jatim, Yenny Wahid Sebut TPN Target ‘Muslim Hijau’ untuk Ganjar-Mahfud

0

Jakarta – Dewan Penasehat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Yenny Wahid mengaku sedang fokus menggarap suara kelompok muslim untuk memenangkan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Jawa Timur.

Yenny mengatakan Ganjar-Mahfud ini mengatakan, hal itu dilakukannya karena selama ini ia merasa ceruk pemilih muslim belum tergarap.

“Tapi memang, bahwa memang saya banyak sekali menggarap suara Muslim yang mungkin selama ini belum tergarap,” demikian kata Yenny ditemui di Jalan Tunjungan, Surabaya, Selasa (19/12) malam.

Menurut Putri Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid ini, Ganjar kuat di kalangan kelompok nasionalis atau ‘merah’. Sehingga masih perlu diperkuat di basis Muslim ‘hijau’.

“Karena basisnya Mas Ganjar, basis merah, basis PDIP, basis nasionalis, sehingga basis hijau harus sangat dikuatkan,” ujarnya.

Mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tak menjelaskan rinci istilah ‘muslim hijau’ yang dia targetkan. Namun Yenny mengaku akan bertandem dengan Mahfud MD untuk masuk ke basis pemilih Muslim, yang menurutnya belum digarap ini.

“Saya tandem dengan Pak Mahfud untuk bisa masuk ke basis-basis Islam yang memang selama ini tidak tergarap sama sekali,” ujarnya.

Sebelum ke Surabaya, Yenny menghadiri Istighosah Umum dan Doa untuk Keselamatan Bangsa dan Rakyat Indonesia dalam Pemilu 2024 yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan.

Acara ini turut dihadiri langsung istri calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan, KH. Idris Hamid, para kiai, ustaz, santri-santriwati dan ribuan masyarakat Pasuruan.

Jawa Timur jadi salah satu medan pertempuran besar di Pilpres 2024. Di kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, ceruk suara Jatim akan mengandalkan mesin politik PKB yang selama ini dikenal memiliki basis suara besar di wilayah itu.