Kepuasan Publik Turun di Survei Litbang Kompas, Begini Kata Jokowi

0

Jakarta – Survei Litbang Kompas baru saja merilis temuan surveinya. Hasilnya, tingkat approval rating atau kepuasan publik terhadap pemerintah mengalami penurunan. Jokowi sendiri akan melakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintahan.

Jokowi berkata survei itu akan menjadi bahan pemerintah. Dia berjanji membenahi hal-hal yang dianggap masih kurang baik.

“Ya, itu semua untuk evaluasi pemerintah, untuk evaluasi, untuk koreksi kalau ada hal-hal yang kurang,” demikian kata Jokowi di Pekalongan, Rabu (13/12).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berkata data survei adalah data lapangan secara umum. Pemerintah memakai angka-angka survei sebagai bahan evaluasi.

Pemerintah juga melakukan koreksi kebijakan berdasarkan survei. Melalui survei, Jokowi dan kabinetnya tahu apa yang perlu dilakukan untuk masyarakat.

“Bahan untuk perbaikan-perbaikan dan memperbaiki yang kurang-kurang karena juga banyak yang masih harus diperbaiki,” ungkapnya.

Sebelumnya, Litbang Kompas mencatat tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf 73,5 persen pada Desember 2023. Angka itu turun dari 74,3 persen di Agustus 2023.

Kelompok yang puas dengan kerja pemerintah berasal dari generasi milenial (26-33 tahun), generasi X (di atas 42 tahun), dan generasi baby boomers.

Survei Litbang Kompas digelar pada 29 November sampai dengan 4 Desember 2023. Survei itu dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Litbang Kompas mengikutsertakan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Ambang batas kesalahan survei +/-2,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.