Soal Survei Pilpres 2024 Satu Putaran, TPN Ganjar-Mahfud: Masih Jauh!

0

Jakarta – Wacana pilpres satu putaran terus mengemuka. Pemanahan soal kemungkinan terjadi satu putaran telah menjadi pembahasan di hampir semua kalangan. Menanggapi wacana tersebut, Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjojanto meyakini hingga saat ini belum ada data yang menyimpulkan Pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran.

Merespons sejumlah hasil survei terkait elektabilitas sejumlah hasil survei dalam sebulan terakhir, termasuk di antaranya hasil survei Litbang Kompas terbaru, Senin (11/12) Andi Widjojanto mencatat keunggulan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Kesimpulan lain yang kami ambil adalah ketika melihat hasil-hasil survei ini adalah adanya pasangan 02 yang menargetkan pemilu satu putaran juga masih jauh dari target tersebut,” demikian kata Andi dalam jumpa pers di Media Center TPN, Senin (11/12).

Andi menuturkan pihaknya telah mencermati sejumlah hasil survei tersebut. Hasilnya, kata dia, ada diferensiasi di antara sejumlah hasil survei tersebut dan membuat pihaknya harus terus mencermati penyebab hal itu.

Kesimpulan sementara, lanjut Andi, Pilpres 2024 masih sangat terbuka bagi ketiga pasangan calon. Tidak ada satu pasangan calon yang bisa diunggulkan untuk menang.

“Nah defiasi antara satu survei dengan satu survei lain ini kami amati dan kemudian memberikan pemahaman bahwa pada dasarnya Pemilu 2024 masih sangat-sangat terbuka,” ungkap Andi.

Menurut mantan Gubernur Lemhannas itu, TPN Ganjar juga telah melakukan satu metode triangulasi terhadap sejumlah hasil survei sejumlah lembaga. Hasil survei akan diadu dengan metode kualitatif lewat diskusi langsung dengan masyarakat, juga dengan dibaca dengan aplikasi artificial intelligence (AI).

Metode triangulasi itu nantinya akan menghasilkan data komprehensif yang bisa dibaca selama 12 hari terakhir kampanye Ganjar dan Mahfud.

“Sehingga kami bisa mengetahui data real time hari ke hari, juga bisa menemukan pola-pola panjang apakah tentang 12 hari ke belakang saat kampanye sudah dilakukan,” ungkap Andi.

Sejumlah hasil survei masih mencatat keunggulan pasangan Prabowo-Gibran terkait elektabilitas capres-cawapres dua bulan menjelang pemungutan suara 12 Febuari 2024. Sementara persaingan ketat terjadi antara pasangan nomor urut 1 dan 3, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.