Bawaslu DKI Bakal Usut Potensi Pelanggaran Gibran Bagi Susu Saat CFD di Jakarta

0

Jakarta – Dugaan adanya pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka saat melakukan bagi-bagi susu di arena car free day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, akan telusuri lebih lanjut oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu DKI Jakarta Benny Sabdo menegaskan arena CFD bukan untuk aktivitas kampanye Pemilu.

“Bawaslu Jakarta Pusat masih melakukan penelusuran. Pada prinsipnya arena CFD tidak boleh untuk aktivitas kampanye baik capres/cawapres maupun caleg,” demikian kata Benny kepada wartawan, Selasa (5/12).

Ia belum bisa membeberkan hasil penelusuran sementara. Namun, dia menyebut potensi pelanggaran itu ada.

“Potensi dugaan pelanggaran tentu ada. Karena itu, Bawaslu Jakarta Pusat melakukan penelusuran peristiwa tersebut,” tuturnya.

Bawaslu DKI memberikan peringatan kepada Pj Gubernur Jakarta Heru Budi usai adanya dugaan aktivitas kampanye Gibran putra Presiden Joko Widodo itu di arena CFD. Benny mengatakan arena CFD tidak diperbolehkan untuk aktivitas kampanye. 

“Bawaslu Jakpus akan mengimbau kepada Pj Gub DKI Jakarta. Berdasarkan Pasal 7 Pergub DKI JKT No 12 Tahun 2016 Tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor: Jakarta Car Free Day tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik, apalagi aktivitas kampanye,” sebut Benny.

Benny menyatakan Bawaslu DKI tidak mendapat pemberitahuan atas kegiatan tersebut. Dia pun menyebut Bawaslu tengah menelusuri dugaan pelanggaran dalam aktivitas bagi-bagi susu di CFD itu.

“Bawaslu Jakpus masih melakukan kajian perihal perkara tersebut,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Gibran mempersilakan Bawaslu untuk menelusuri kegiatan bagi susu kepada warga yang sedang berolahraga di CFD Jakarta.

“Silakan ditelusuri jika ada sesuatu yang tidak pas. Nanti bisa komunikasikan dengan tim kami,” kata Gibran mengutip Antara.

Gibran menjelaskan bahwa pembagian susu tersebut tidak menggunakan alat peraga kampanye (APK).

“Yang jelas kemarin, Minggu (3/12), kami semua tanpa atribut, tanpa APK, ya gitu ya,” kata Gibran.

Sebelumnya, Gibran membagikan susu gratis kepada masyarakat yang tengah menikmati hari bebas kendaraan bermotor FD di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (3/12).

Aksi itu menarik antusiasme masyarakat, meski ia mengaku tidak melakukan kampanye. Menurutnya, ia bersama sejumlah tokoh partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) merealisasikan program unggulan Paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Kan tanpa alat peraga kampanye (APK). Kita kan enggak melakukan pengajakan untuk pencoblosan atau apa ‘kan enggak,” tegasnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (3/12).

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu terlihat ditemani sejumlah politikus parpol pengusung Prabowo-Gibran. Antara lain, caleg dari PAN Uya Kuya, Pasha Ungu, dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati.