Gus Yahya Sebut Capres-Cawapres di Pilpres 2024 Itu Semuanya NU

0

Jakarta – Kontestan capres-cawapres Pilpres 2024 diklaim semuanya berasal dari Nahdatul Ulama (NU). Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf.

Tiga pasangan calon yang berlaga yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Dua kader? Semuanya NU itu kok semua. Iya NU semua itu,” demikian kata pria yang akrab disapa Gus Yahya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (21/11).

Gus Yahya mengatakan tak hanya Cak Imin atau Mahfud MD saja yang NU, melainkan semua paslon yang maju sama-sama warga Nahdliyin. Ia membebaskan masyarakat untuk memilih salah satu di antara ketiga paslon tersebut.

“Ya NU semua kok, silakan pilih saja, NU semua kok,” ungkapnya.

Pasangan Anies Baswedan-Cak Imin mendapatkan nomor urut satu di Pilpres 2024. Pasangan ini didukung oleh koalisi PKB, NasDem dan PKS.

Sementara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendapatkan nomor urut dua dengan koalisi Partai Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PSI, PBB, Gelora, Partai Garuda dan Partai Prima.

Kemudian pasangan Ganjar-Mahfud MD mendapatkan nomor urut tiga yang didukung koalisi PDIP, PPP, Hanura dan Perindo.