KPU Bakal Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres dengan Diawali Gala Dinner

0

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar makan malam perayaan (Gala Dinner) bersama elite partai politik dan calon presiden dan calon wakil presiden sebelum melakukan pengundian nomor urut capres-cawapres, Selasa (14/11) besok.

“Rencananya mulai 18.30 WIB, jadi mulai dengan gala dinner, makan malam dengan capres-cawapres, dan pimpinan partai politik yang mengusulkan mendaftarkan masing-masing pasangan calon,” demikian kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Senin (13/11).

Hasyim menyebut KPU turut mengundang 150 orang dari pihak masing-masing pasangan capres-cawapres untuk menghadiri acara tersebut.

Mereka akan dijamu makan malam di tribun yang telah disiapkan di depan halaman Kantor KPU RI.

“Nanti kami layani di tribun yang disiapkan di halaman parkir kantor KPU itu masing-masing pimpinan partai politik atau tokoh-tokoh yang diusulkan oleh masing-masing pasangan calon. Kuotanya adalah untuk masing masing paslon adalah 150 orang,” tandas Hasyim.

Lalu prosesi pengundian dan penetapan nomor urut bakal digelar setelah Gala Dinner rampung dilaksanakan.

Setelah itu, KPU memberikan waktu sebanyak 10 menit kepada para capres-cawapres untuk memberikan sambutan usai mendapatkan nomor urut.

“Setelah itu kami berikan kesempatan kepada masing-masing pasangan calon sekitar 10 menit untuk menyampaikan kata sambutan pasangan calon capres-cawapres,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres yang bakal mengikuti perhelatan pilpres 2024.

Ketiga pasangan itu yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.