Menteri BUMN Erick Thohir Mau Sulap Kawasan Monas Jadi City Center

0

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir ingin menjadikan kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat menjadi city center seperti New York di Amerika Serikat.

Ia menegaskan kehadiran city center yang dicanangkan akan seperti New York ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi Jakarta. Terlebih, setelah Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota.

Mimpi Erick Thohir ini menyusul peresmian BSI Tower di kawasan Monas. Ia mengatakan keberadaan gedung anyar ini dan Danareksa Tower menjadi awal transformasi tersebut.

“Saya rasa sebenarnya BUMN tidak salah, apalagi ini aset yang luar biasa dan ini akan menjadi salah satu tentu financial center dan kita awali, kita awali membangun dua gedung kembar, yaitu Dana Reksa Tower dan BSI Tower,” ungkap Erick, dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (9/11).

“Ini juga sejak awal saya minta kepada direktur utama (Dirut BSI Hery Gunardi) harus juga menjadi Islamic Financial Center karena itu gedungnya juga desainnya agak Timur Tengah, modern dan bersih, tetapi ini menjadi kawasan yang mungkin jadi ikonik nanti,” lanjutnya.

Ke depan, Erick juga akan rapat dengan Danareksa terkait persiapan property fund. Nantinya, aset-aset BUMN di sekitar kawasan Monas, termasuk Gedung Kementerian BUMN harus menjadi satu wadah.

“Ini kita dorong supaya kita memastikan pertumbuhan ekonomi bisa terjadi, pembukaan lapangan kerja terjadi, dan tidak kalah pentingnya BUMN sebagai agen pembangunan. Sekarang ternyata agen pembangunan juga di Monas,” pungkasnya.