Cawapres Cak Imin Pastikan Timses AMIN Bakal Bertabur Tokoh NU

0

Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga adalah Bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengklaim bakal banyak tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang mengisi jabatan di tim pemenangannya bersama Anies Baswedan. Ia mengatakan tokoh NU itu berasal dari PKB hingga tokoh kiai-kiai NU.

“Ya, kita NU semua. Banyak, dari mulai PKB sampai tokoh-tokoh kiai,” demikian kata Cak Imin dalam podcast What The Fact Politics CNN Indonesia yang tayang Kamis (9/11).

Namun, Cak Imin enggan menyebutkan nama-nama yang bakal masuk di tim pemenangan AMIN. Ia hanya menyatakan susunan timses kemungkinan diumumkan pekan depan.

“Paling cepat ya. Bisa jadi saling menunggu beberapa nama,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan alasan mengapa hingga kini susunan timses AMIN belum diumumkan. Cak Imin mengaku masih menunggu sejumlah tokoh seraya mematangkan sejumlah nama.

Ketua Umum PKB itu menepis anggapan adanya kekhawatiran kriminalisasi jika nama-nama anggota timsesnya diumumkan. Menurutnya, waktu pengumuman hanya persoalan teknis.

Ia mengatakan selama ini sudah ada tim badan pekerja (BAJA) Anies-Muhaimin yang bekerja secara langsung di masyarakat.

Pada kesempatan itu, Cak Imin pun merespons soal sejumlah tokoh NU yang masuk Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Di antaranya ada cucu pendiri NU KH Hasyim Asyari, Irfan Yusuf Hasyim; Sekretaris PP Muslimat NU, Arifah Choiri Fauzi; dan Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Ansor 2010-2015, Nusron Wahid.

Ia menghormati hal tersebut dan menyebutnya sebagai hal lumrah dalam kehidupan berdemokrasi. Cak Imin menekankan ia tak bisa membatasi pilihan politik orang lain.

“Jadi, kita sudah tahu tokoh-tokohnya dan kita sudah tahu latar belakang dan kemungkinan koneksinya ada multipartai juga, ya kita siap antisipasi sih,” pungkasnya.