Soal Jadwal Pendaftaran Capres, KPU Bakal Rapat dengan DPR Pekan Depan

0

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengatakan akan rapat konsultasi dengan DPR RI soal jadwal pendaftaran calon peserta Pilpres 2024 pada pekan depan.

“Rencananya pekan depan KPU akan konsultasi atau rapat dengar pendapat untuk membahas Peraturan KPU tentang pencalonan presiden-wakil presiden untuk Pemilu 2024,” ungkap Hasyim saat ditemui di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (15/9).

“Kalau enggak tanggal 19, 20 September,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hasyim enggan berkomentar terkait dua opsi tanggal pendaftaran capres-cawapres yang belakangan disebut Menko Polhukam Mahfud MD.

“Yang statement Pak Mahfud kan? Tanya Pak Mahfud. Jangan tanya kepada saya. Yang statement Pak Mahfud, kok saya disuruh komentari Pak Mahfud,” ujar dia lalu meninggalkan awak media.

Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya mengungkapkan ada dua alternatif tanggal pendaftaran capres dan cawapres di Pilpres 2024 yang saat ini dibahas antara KPU selaku penyelenggara Pemilu 2024 dengan pemerintah.

“Yang sekarang jadi diskusi ada dua alternatif,” kata Mahfud dalam ‘Forum Diskusi Pemilu’ yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, Rabu (13/9).

Menurut Mahfud, opsi pertama adalah yang saat ini tertuang dalam draf Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), yakni pendaftaran dipercepat dari semula 19 Oktober-25 November 2023 menjadi 10-16 Oktober 2023.

“Diskusi terakhir di KPU yang diinformasikan kepada kami di pemerintah adalah tanggal 19 sampai tanggal 24 Oktober, bukan 25 November, tapi maju sebulan penutupannya,” jelas Mahfud.

Mahfud menyebut hitung-hitungan penjadwalan dalam rancangan PKPU itu sudah merujuk kepada UU Pemilu yang telah direvisi menjadi UU Nomor 7 Tahun 2023. Sehingga apabila tidak dimajukan justru akan mengganggu tahapan Pemilu 2024.

KPU sebelumnya berencana memajukan jadwal pendaftaran capres-cawapres untuk Pilpres 2024 menjadi 10-16 Oktober 2023.

Sebelumnya, pendaftaran dijadwalkan pada 19 Oktober-25 November 2023. Aturan itu telah dituangkan dalam draf PKPU berdasarkan UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2023. Pada ketentuan yang baru, masa kampanye capres-cawapres dimulai 15 hari setelah pengumuman daftar calon tetap (DCT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here