Go Karawang International Fashion : Wadah Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif Dan UMKM Di Karawang

0

Karawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang tengah mengupayakan peningkatan sektor ekonomi kreatif terutama fashion.

Kali ini Pemkab Karawang menggelar event Go Karawang Internasional Fashion (GO KIF) 2023 guna mewadahi kreativitas para pelaku industri kreatif dan UMKM.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, Yudi Yudiawan menyampaikan, event GO KIF 2023 ini bertujuan untuk mewadahi pada pelaku industri kreatif dan UMKM agar dapat mengembangkan serta meningkatkan kualitas karyanya.

“Di ajang internasional ini kita mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Karawang dalam fashion agar mampu bersaing di dunia internasional,” ujarnya pada Jum’at (19/5) di Hotel Mercure Karawang.

Gambar : Saat peragaan busana pada ajang Go KIF

Yudi memaparkan, ada 7 desainer lokal yang menampilkan karya di GO KIF 2023, yaitu; Serafina, Wayzone, Irfan Collection, WNJ Kebaya, Akeyla Naraya dan Anggraeny Septia X Aya Fathia.

Kemudian desainer nasional Mouza Indonesia dari Bandung, Sugeng Waskito dari Yogyakarta, Leny Rafael dari Jakarta, Tary Made dari Bali dan Usi Fauziah dari Solo.

Lalu hadir 4 desainer luar negri yakni Russia, Tajikistan, Turkmenistan dan Kazakhstan.

“Kegiatan ini diikuti oleh 7 desainer lokal, 5 desainer nasional dan 4 desainer Internasional. GO KIF 2023 disambut antusias oleh 500 penonton dari berbagai kalangan,” papar Yudi.

Gambar : Sejumlah produk fashion dari para designer lokal maupun naaional dan international

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menyampaikan, GO KIF 2023 ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam peningkatan di sektor ekonomi khususnya bidang fashion.

Cellica berharap, melalui GO KIF 2023 ini pemerintah bisa membantu dan memfasilitasi bangkitnya kreativitas para pelaku industri kreatif serta UMKM.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini kita mampu memperkenalkan budaya Karawang sebagai bagian dari peradaban dunia,” tutur Cellica.

Gambar : Cellica Nurachadiana selaku Bupati Karawang (tengah) saat naik keatas panggung

“Karawang tercinta adalah kota yang kaya, kita punya banyak destinasi wisata kita juga punya candi, kita punya banyak budaya khas seperti goyang Karawang, topeng banjet. Saya berharap, Karawang dengan segala kekayaan yang ada, baik SDM maupun SDA-nya bisa terus melambung dan dikenal peradaban dunia,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here