Beri Ucapan Pada HUT Ke-57 Partai Golkar, Jokowi Berharap Golkar Semakin Solid dan Kuat

0

Jakarta – Partai Golkar memiliki akar sejarah panjang dalam dunia perpolitikan di Indonesia. Perjalanan Golkar tidak pendek, hidup di tiga orde yang berbeda dan sempat menjadi partai terbesar dan paling berkuasa di Indonesia membuat Golkar semakin optimis akan masa depannya.

Usia 57 tahun bukanlah waktu yang pendek bagi Golkar. Ini usia yang sangat matang bagi sebuah partai politik. Sebagai partai besar, Golkar tak pernah keluar dari tiga besar dalam setiap kali pemilu legislatif dilakukan.

Partai Golkar diyakini punya akar beringin yang kuat dan mengakar, tinggal bagaimana Golkar mengsolidkan lagi kekuatannya untuk merebut kembali kejayaan di pemilu 2024 yang akan datang. Optimisme akan kedigdayaan Golkar itulah yang membuat Presiden Joko Widodo menaruh harapan besar pada momen ulang tahun Golkar.

Jokowi yakin dengan bertambahnya usia, Partai Golkar akan semakin solid tumbuh berarakar kuat serta bisa mengayomi seluruh anak bangsa untuk Indonesia hebat.

“Pertama-tama saya menyampaikan selamat ulang tahun ke-57 kepada seluruh keluarga besar Partai golongan karya dari sabang sampai Merauke, dari Niamar samapai pulau Rote,” ungkap Jokowi melalui sambungan virtual di acara puncak HUT Golkar, Sabtu (23/10/2021).

“Saya percaya dalam usia yang semakin matang dan berpengalaman, Partai Golkar akan semakin solid untuk berkarya bagi bangsa dan negara meraih kemenangan untuk Indonesia Maju. Dengan kekompakan para kader yang tersebar di seluruh tanah air, Partai Golkar tumbuh berakar kuat, menjulang tinggi, sebagaimana pohon beringin yang mengayomi dan memberikan keteduhan,” sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan banyak hal yang dapat dijadikan pembelajaran selama pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 menurut Jokowi, merupakan sebuah ujian ketangguhan terhadap sistem dan kelembagaan Indonesia, baik kelembagaan ekonomi maupun politik.

“Pandemi COVID-19 telah mengajarkan banyak kepada kita. Pentingnya respon cepat, respon yang tepat, yang bisa menjangkau dan melindungi masyarakat di seluruh pelosok tanpa terkecuali. Pandemi juga sebuah ujian ketangguhan sistem dan kelembagaan di negara kita. Baik kelembagaan pemerintahan, kelembagaan ekonomi maupun kelembagaan politik,” tuturnya.

Bahkan, Jokowi yakin Partai Golkar memiliki semangat belajar menghadapi keadaan selama pandemi COVID-19. Dia berharap apa yang kurang dapat diperbaiki dan yang lemah diperkuat oleh Partai Golkar.

“Karena di saat pandemi ini kita menghadapi dua krisis global dalam waktu bersamaan. Krisis kesehatan dan krisis ekonomi. Saya yakin dengan semangat belajar dari pandemi, partai Golkar juga belajar. Apa yang kurang, yang harus diperbaiki, apa yang lemah yang harus diperkuat agar Partai Golkar bisa terus berkarya untuk kepentingan rakyat,” pungkasnya.