Presiden Jokowi Segera Kirim Surpres Pemindahan Ibu Kota Negara ke DPR

0

Jakarta – Menyikapi pro-kontra soal progres pemindahan pusat Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur akhirnya dijawab oleh pemerintah. Hal itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Fadjroel Rachman.

Menurut Fadjroel, Presiden Jokowi dalam waktu dekat akan mengirimkan Surat Presiden (Surpres) mengenai Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

“Soal IKN, presiden memang berencana akan menyerahkan surat presiden ke DPR untuk RUU Ibu Kota Negara,” ungkap Fadjroel dalam acara diskusi daring yang digelar MNC Trijaya, Sabtu, (28/8 2021).

Tapi Fajroel belum berani merinci kapan surpres itu akan diserahkan. Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi membahas soal ibu kota baru saat bertemu pimpinan partai politik koalisi pendukung pemerintah di Istana Negara pada Rabu (25/8/2021) kemarin.

Mantan aktivis 98 ini menyebut, pembahasan soal perpres tersebut tidak hanya dilakukan dengan pimpinan lembaga saja, melainkan pimpinan partai politik guna memperkuat dukungan dalam pembangunan ibu kota baru ini.

“Jadi dukungan dari partai politik dan semuanya tentu diperlukan. Presiden dalam hal ini harus dilihat bukan hanya sebagai kepala negara tapi juga kepala pemerintahan,” pungkasnya.