Gubernur Anis: Sertifikat Vaksin Tak Menjadi Syarat Ambil Bansos

0

Jakarta – Ditengah kesimpangsiuran informasi soal syarat pengambilan bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah harus menyertakan sertifikat vaksinasi COVID-19 diklarifikasi langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan.

Anies menegaskan, syarat sertifikat vaksinasi hanya diperuntukkan bagi warga yang hendak melakukan kegiatan secara umum seperti saat berkunjung ke mal atau restoran.

Anis justru melarang jika sertifikat vaksin menjadi syarat untuk hal-hal yang bersifat kemanusiaan.

“Semua kegiatan yang sifatnya kemanusiaan tidak boleh disambungkan dengan persyaratan (vaksin) itu. Tidak boleh,” ungkap Anies usai meninjau vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan di di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Jumat (6/8/2021)

“Karena itu bansos untuk menyambung hidup. Tidak boleh, apapun juga,” sambungnya.

Saat ditanya wartawan mengenai adanya satu kelurahan di Jakarta Pusat yang menerapkan syarat sertifikat vaksin sebagai syarat pengambilan bansos, Anies menegaskan bahwa lurah tersebut telah melakukan pelanggaran dan akan diproses.

“Tidak boleh. Itu melanggar. Kalau bansos dibagi kemudian dianjurkan vaksin boleh. Tapi kalau dibagi dengan syarat sudah vaksin tidak boleh,” tegas Anies.