Beranda Lifestyle Health Hindari Kuman Menumpuk, Ganti Handuk 3 Hari Sekali

Hindari Kuman Menumpuk, Ganti Handuk 3 Hari Sekali

Bila digunakan terlalu lama, handuk akan menampung banyak sekali mikroorganisme yang malah akan membuat tubuh kamu kembali dipenuhi kuman.

JAKARTA – Setelah tubuh merasa segar sehabis mandi, yang selanjutnya dilakukan adalah mengeringkan tubuh dengan handuk. Namun, sadarkah kamu jika handuk kamu masih bersih atau tidak?

Nyatanya, bila digunakan terlalu lama, handuk akan menampung banyak sekali mikroorganisme yang malah akan membuat tubuh kamu kembali dipenuhi kuman.

Karena, handuk akan menyerap air di tubuh dan akan basah selama beberapa jam, kondisi lembap itulah yang menjadi tempat ideal untuk kuman berkembang biak. Untuk itu, sangat disarankan agar kita mencuci handuk setiap tiga hari.

Faktanya, kita memiliki 19 juta sel kulit dam 659 kelenjar keringat dan memang cara paling efektif untuk membersihkan tubuh setelah mandi dengan menggunakan handuk.

Setelah mandi pun, ada 20 lapis sel kulit mati yang terkikis. Beberapa di antaranya akan larut di guyuran air mandi dan banyak juga yang akan tertinggal di handuk.

Nah, cara terbaik agar kuman tidak berkembang biak di handuk yaitu selalu cepat dikeringkan dan rutin dicuci.

The Cleaning Institute merekomendasikan agar handuk mandi dicuci setiap tiga hari sekali. Karena kita rutin mandi setiap hari, berarti kita harus mencuci handuk seminggu dua kali. Mencuci handuk akan menghentikan dan menghilangkan kuman yang berkembang biak.  

Apa yang akan terjadi bila handuk jarang dicuci? Handuk yang kotor bisa menyebarkan virus, jamur, dan bakteri. Konsekuensi dari menggunakan handuk kotor yakni akan terjadi masalah pada kulit bahkan bisa menyebarkan infeksi. Misalnya saja bakteri yang menyebabkan infeksi staph yakni staphylococcus bisa dengan mudah menyebar melalui handuk atau pakaian.

Maka itu, kamu juga tidak boleh menggunakan handuk yang sama dengan orang yang sedang sakit. Adapun untuk handuk yang telah digunakan, selalu gantung tempat kering dan jika hendak dicuci jangan satukan handuk yang basah dengan pakaian kotor lainnya.

Jangan pula  menumpuk handuk ke dalam mesin cuci hingga terlalu penuh, keluarkan beberapa. Bila mesin cuci terlalu penuh, detergen tidak akan larut dengan rata. Selain itu cucian juga akan kekurangan air sehingga gerakan mesin akan tidak optimal.  

Meski terkesan merepotkan, tak apa kok untuk lebih sering mencuci handuk demi kesehatan diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read