Bila Penyebaran COVID-19 Belum Terkendali, Pemerintah Siapkan Skenario Perpanjang PPKM Darurat Hingga 6 Minggu Kedepan

0

mediaguna.com – lonjakan positif Covid-19 semakin bertambah. Indonesia bahkan memecah rekor dengan mengalahkan India dan Brazil. Menyikapi berbagai kemungkinan terburuk, pemerintah pun telah mempersiapkan skenario perpanjangan PPKM Darurat hingga 6 minggu kedepan.

Penegasan ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin (12/6/2021).

Pihaknya sudah menyiapkan skenario perpanjangan PPKM Darurat hingga 6 minggu ke depan karena cepatnya mutasi varian baru Delta yang terbilang cepat dan sangat mematikan.

“PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan agar potensi yang terpapar bisa diminimalisir,” sebut paparan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagaimana dikutip wartawan, Senin (12/7/2021).

Akan ada skenario perpanjangan jika risiko Covid-19 masih tinggi.

Meskipun konsekuensinya, pemberlakukan PPKM Darurat akan sangat memukul pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

Tingkat konsumsi masyarakat melambat, pemulihan ekonomi tertahan, dan pertumbuhan ekonomi kuartal III diprediksi melambat di kisaran 4-5,4 persen.

“Tapi ini masih dalam skema pembahasan, rencana perpanjangan PPKM Darurat ini belum diputuskan secara resmi” ujarnya.

Sejauh ini pemerintah masih berada pada rencana awal, yaitu menerapkan kebijakan PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021.