Beranda Lifestyle Travel Hal Biasa yang Ternyata Dianggap Tidak Sopan di Korea Selatan

Hal Biasa yang Ternyata Dianggap Tidak Sopan di Korea Selatan

Meski sama-sama negara Asia, Korsel memiliki banyak tradisi dan kebiasaan yang mesti diikuti para pendatang.

JAKARTA – Seperti Indonesia, negara-negara lain juga pasti memiliki budaya dan kebiasaan masing-masing yang harus dihormati para pendatang.

Maka itu tidak mengherankan bila ada hal-hal yang mungkin kita anggap biasa saja tapi bisa dilihat sebagai sesuatu yang tidak pantas di negara lain.

Seperti di Korea Selatan, meski sama-sama negara Asia, Korsel memiliki banyak tradisi dan kebiasaan yang mesti diikuti para pendatang. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Tidak membayar makan untuk kedua kalinya

Bila kamu pergi untuk makan atau minum di Korea, biasanya akan ada satu orang yang akan membayar seluruh tagihannya. Namun, jika kamu diundang untuk makan di babak kedua, pastikan kamu yang membayar makanannya ya.

2. Berbicara keras di transportasi umum

Saat kamu berada di transportasi umum semisal di bus atau kereta, usahakan jangan terlalu banyak bicara, apalagi berbicara dalam volume yang keras. Bila kamu cuek berbicara atau memanggil dengan suara keras, kamu akan dianggap tidak menghormati orang lain.

3. Makan sebelum atau mendahului orang tua

Walaupun kamu sudah benar-benar lapar, tetap usahakan untuk menunggu orang tua makan terlebih dahulu. Juga, jangan menyelesaikan makan lebih cepat dari mereka.

4. Menerima dengan satu tangan

Saat menerima sesuatu dari orang lain, entah itu hadiah, hendak bersalaman, atau menerima kartu, selalu terima dengan dua tangan. Hal itu merupakan sebuah penghormatan kepada orang lain.

5. Menulis dengan tinta merah

Menurut kebudayaan Korea, menulis terutama nama seseorang dengan tinta merah sungguh tidak pantas. Meskipun dianggap tidak masuk akal, masyarakat Korea percaya hal itu akan mendatangkan nasib sial. Pasalnya, dahulu nama-nama orang yang meninggal ditulis dengan tinta merah di register keluarga dan spanduk pemakaman.  Roh jahat pun disebut membenci tinta merah.

6. Tidak mengucapkan terima kasih

Ungkapan terima kasih sangatlah penting di Korea. Jadi sebelum kamu ke sana pastikan sudah mempelajari pengucapannya dalam bahasa Korea ya. Karena, meskipun kamu hanya wisatawan, masyarakat Korea akan sangat menghargai jika kamu mengucapkan ungkapan tersebut.

SourceKoreaboo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read