Beranda Lifestyle Health Minyak Kelapa Vs Zaitun, Mana yang Lebih Sehat?

Minyak Kelapa Vs Zaitun, Mana yang Lebih Sehat?

Minyak kelapa dan minyak zaitun disebut sebagai minyak yang paling sehat. Akan tetapi, jika harus memilih satu, mana yang akan Anda pakai?

JAKARTA – Saat memilih minyak goreng untuk memasak, kita akan dihadapkan dua pilihan yakni minyak kelapa minyak zaitun. Namun, mana sebenarnya yang lebih sehat?

Ada banyak jenis minyak goreng yang tersedia di pasaran sehingga membuat kita sulit untuk memilih. Sebagai konsumen, kita tentu memilih produk minyak yang paling menyehatkan.

Di antara semua jenis, minyak kelapa dan minyak zaitun adalah yang paling diunggulkan sebagai yang paling sehat. Akan tetapi, jika harus memilih satu, mana yang akan kamu pakai? Yuk kita ketahui dulu kandungan dari setiap minyak

Satu sendok teh minyak kelapa mengandung:

  • 120 kalori
  • 14 gram lemak
  • 13 gram asam lemak jenuh
  • 1 gram asam lemak tak jenuh tunggal
  • 0 gram asam lemak tak jenuh ganda
  • 0 kolesterol

Sedangkan satu sendok teh minyak zaitun mengandung:

  • 120 kalori
  • 14 gram lemak total
  • 13 gram asam lemak jenuh
  • 1 gram asam lemak tak jenuh tunggal
  • 0 gram asam lemak tak jenuh ganda
  • 0 kolesterol

Kandungan kesehatan minyak kelapa:

Minyak kelapa sebagian besar mengandung asam lemak jenuh dalam bentuk molekul yang disebut medium chain triglycerides (MCTs). Lemak jenuh memang dikenal buruk dan sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Namun sebuah studi mengungkapkan bahwa asam lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa sebenarnya baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Untuk antioksidan, minyak kelapa memang mengandung antioksidan tapi tidak seefektif jika dibandingkan dengan antioksidan pada minyak zaitun.

Kandungan kesehatan minyak zaitun:

Minyak zaitun mengandung asam lemak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Keduanya dikenal sebagai lemak yang baik bagi jantung. Asam lemak tak jenuh tunggalnya juga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Minyak zaitun memang dikenal kayak akan antioksidan. Karena, di dalamnya terkandung senyawa fenolik yang tersedia secara biologis yang mencegah kerusakan DNS, menurunkan tekanan darah serta kolesterol.

Tak pelak, banyak penelitian menyimpulkan bahwa minyak zaitun lebih  sehat ketimbang minyak kelapa. Dan, ada beberapa alasan untuk itu.

Pertama, Setelah banyak diaplikasikan pada diet Mediteranian, penggunaan minyak zaitun terbukti ampuh menurunkan risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker, diabetes, bahkan membantu penurunan berat badan.

Kedua, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang lebih menyehatkan ketimbang minyak kelapa. Adapun minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang termasuk lemak jahat dan konsumsinya direkomendasikan agar sangat dibatasi.

Sebenarnya tak apa jika kamu memasak dengan kedua jenis minyak tersebut, tergantung jenis masakan yang ingin dihidangkan. Misalnya saja kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk salad. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng sesuatu yang butuh suhu tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read