Ingat! Pasien Covid-19 Gejala Ringan di Jakarta Gratis Konsultasi dan Obat, Ini Caranya

0

Jakarta – Pemerintah membuat program layanan konsultasi daring atau telemedisin secara gratis bagi masyarakat yang terpapar Covid-19 sengan syarat harus menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu.

Program ini ini akan diuji coba di wilayah Jakarta mulai hari ini, Selasa (6/7/2021).

Bulan hanya layanan konsultasi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan  mengatakan pasien akan mendapat obat dan vitamin secara gratis dari Kementerian Kesehatan.

Selain isolasi mandiri, persyaratan untuk mendapatkan fasilitas jasa konsultasi dokter dan pengiriman obat gratis itu, masyarakat juga harus melakukan tes RT-PCR pada laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. 

Pemerintah telah menggandeng 742 laboratorium PCR di seluruh Indonesia yang akan mendata pasien dan masuk dalam sistem New All Record (NAR) sehingga melalui sistem ini, data kasus positif Covid-19 akan secara real time dapay diketahui sehingga bisa segera ditangani.

“Kemenkes akan kirim notifikasi dan kode untuk akses layanan telemedisin melalui WhatsApp. Sistem ini sudah dibangun dan dikerjakan oleh Kemenkes,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Luhut menyebutkan, ada 11 platform telemedisin yang bekerja sama dengan pemerintah, yakni AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok.

Untuk pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala akan mendapatkan paket obat yang terdiri atas vitamin C, B, E, dan Zinc. Sedangkan pasien yang bergejala ringan akan mendapatkan paket multivitamin, Azitromisin 500 miligram, Oseltamivir 75 miligram, dan Parasetamol Tab 50 miligram.

“Dengan layanan telekonsultasi ini, semua gejala Covid-19 yang terkonfirmasi positif dapat layanan tepat waktu, tanpa perlu antre di rumah sakit,” pungkas Luhut