Beranda News Nasional Simsalabim, Anis Sulap Monas Jadi Posko Oksigen

Simsalabim, Anis Sulap Monas Jadi Posko Oksigen


mediaguna.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat posko oksigen di kawasan Monumen Nasional Jakarta Pusat. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit.

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan ini bisa dibilang merupakan sebuah terobosan penting disaat Indonesia, khususnya Jakarta sedang dilanda gelombang kedua pandemi covid-19 varian Delta yang tingkat penyebarannya sangat cepat dan mematikan.

“Saya malah periksa posko oksigen kita. Kita ada posko oksigen di Monas. Itu khusus untuk rumah sakit. Rumah sakit yang membutuhkan oksigen ekstra, mereka membawa tabungnya ke posko kita di Monas,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Jakarta (Senin, 5 Juli 2021)”.

Sebab, sejak angka kasus postif COVID-19 melonjak tajam di Provinsi DKI Jakarta, permintaan tabung oksigen untuk menangani pasien salah satunya pasien COVID-19 juga meningkat.

“Posko ini yang nantinya akan mencari oksigen dari tempat-tempat distributor dan produsen. Karena sekarang kebutuhan meningkat. Tapi ini bukan untuk individu, maupun pribadi. Ini untuk rumah sakit” sebutnya.

Nantinya, tabung oksigen itu akan diangkut oleh mobil milik Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup, dan dari Bina Marga juga.

“Kemudian di situ kita bawa pakai truk-truk kita. Yang bekerja di situ malah bukan dinas kesehatan, itu Bina Marga, Lingkungan Hidup, Satpol PP, Sumber Daya Air. Karena truk-truk besar itulah yang dipakai untuk mencari pengisian tabung,” pungkasnya.

Ia pun tak memungkiri bahwa memang permintaan oksigen di rumah sakit jumlahnya meningkat tajam dalam satu pekan terakhir. Tapi, stok isi tabung oksigen sejauh ini masih tercukupi dengan baik.

Tak hanya itu, Anies juga menyampaikan bahwa di Monas ini juga ada Posko untuk pemulasaran jenazah COVID-19.

“Di sini ada posko pemulasaran. Ketika ada yang meninggal di kampung atau di kompleks. Kemudian membutuhkan pemulasaran, maka tim yang ada di Monas akan dikirimkan untuk melakukan pemulasaran sampai pemakaman,” sebutnya.

Nantinya, dari keluarga dapat melaporkan apabila ada anggota keluarga yang meninggal akibat COVID-19 maka bisa langsung melaporkan ke pihak Rukun Tetangga (RT) dan juga Rukun warga (RW).

“Ke RT, RW, nanti lurah akan mengontak ke kita. Nanti kita akan kirim,” ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read