BEM UI Dipanggil Rektorat, ‘Duo F’ Bereaksi Keras

0
Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kiri) dan Fadli Zon. Foto: Antara/Putra Haryo Kurniawan

Jakarta – Paska postingannya ‘Jokowi The King of Lip Service’ didunia maya viral, BEM Universitas Indonesia (UI) langsung dipanggil pihak Rektorat UI . ‘Duo F’, Fahri Hamzah dan Fadlizon yang ternyata Alumni UI langsung bereaksi keras membela juniornya.

Fahri Hamzah yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gelora memberikan pandangan dengan kondisi kampus UI saat ini yang kini dianggapnya bermental Orde Baru.

“Tahun 1994, aku dan teman2 mahasiswa wartawan koran kampus #WartaUI menulis headline ‘Kritik Pembangunan Rektorat UI yang Megah’. Kami dipanggil dan Koran kami dibredel di era Orba. Tahun 1998 Orba tumbang. Rupanya mental orba pindah ke Rektorat UI mengancam mahasiswa. Malu ah!” kata Fahri di akun Twitter-nya, seperti dilihat mediaguna.com, Senin (28/6/2021).

Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 ini, menjelaskan soal absolutisme yang menjadi kelemahan dari Orba.

“Semua kekuasaan absolut itu berbahaya. Bahkan dalam lembaga agama pun berbahaya. Maka agama menyadari kelemahan mental manusia ini. Maka manusia dibatasi. Bahkan nabi dibatasi. Jadi kelemahan Orba adalah absolutisme. Itu jangan ditiru apalagi dipuji. Jangan salah baca!” cuit Fahri.

“Semoga tindakan Rektorat UI tidak benar. Kampus harus menjadi sumber kebebasan. Masa depan kita adalah kebebasan. Meski pandemi membelenggu fisik kita, tapi jiwa dan pikiran harus merdeka. Kampus adalah persemaian generasi kepemimpinan yang harus terlepas dari pengangkangan!” pungkasnya.

Senada dengan ‘duet mautnya’, Wakil Ketua Partai Gerinda Fadli Zon juga melontarkan kritik tajam terhadap rektorat UI atas pemanggilan BEM UI.

“Sbg alumni UI, sy mengecam sikap Rektorat @univ_indonesia yg cenderung membungkam kebebasan berekspresi @BEMUI_Official. UI harusnya mengkaji n mendalami apa yg disampaikan BEM UI secara akademik. Coba masuk ke substansi n argumentasi. Sungguh memalukan pakai ‘panggilan’ segala,” cuit Fadli di akun Twitter-nya.