Beranda News Hukum Koordinator Pungli di JICT Dibekuk Polres Pelabuhan Tanjung Priok!

Koordinator Pungli di JICT Dibekuk Polres Pelabuhan Tanjung Priok!

Jakarta – Jajaran kepolisian Polda Metro Jaya bergerak cepat menyikapi pungli yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Usai menangkap 7 pelaku pungli di kawasan Jakarta International Container Terminal (JICT) Pelabuhan Tanjung Priok, kini petugas berhasil membekuk satu pelaku yang bertindak sebagai koordinator pungli.

“Tersangka atas nama Achmad Zainul Arifin (39) yang merupakan atasan para pelaku yang telah ditangkap sebelumnya,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana dalam keterangannya, Sabtu (12/6/2021).

Achmad Zainul Arifin yang bekerja di PT Multi Tally Indonesia, sebuah perusahaan outsourcing di JICT, ditangkap petugas Jum’at malam.

“Tersangka adalah pengawas/supervisor outsourcing PT Multi Tally Indonesia,” lanjut Kholis.

Sebelum menangkap tersangka, Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengamankan 7 pelaku pungli di kawasan JICT Pelabuhan Tanjung Priok yang meminta sejumlah uang pungutan liar kepada para sopir kontainer.

Ketujuh pelaku tersebut berinisial MAG (37), RD (41), AS (36), WW (24), BEP (31), RPH (50), dan B (42).

Putu mengatakan pelaku ini banyak yang berprofesi sebagai operator crane di lokasi yang meminta uang kepada sopir truk untuk memudahkan proses bongkar-muat barang.

“Apabila tidak diberikan, pelayanan bongkar-muat kontainer diperlambat,” jelas Kholis.

Saat melakukan aksinya, para pelaku meletakkan wadah plastik atau botol minuman di badan alat crane yang harus diisi oleh para sopir kontainer agar bisa segera dilayani.

“Modusnya ini unik, pelaku meletakkan wadah plastik atau botol minuman mineral kosong di badan alat crane yang kemudian harus diisi oleh sopir dengan uang nominal pecahan Rp 5.000 hingga Rp 20 ribu. Apabila tidak memberikan uang, sopir tidak akan dilayani atau dilayani dengan lambat,” pungkas Kholis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read