Menteri Kesehatan Era SBY Jadi Relawan Uji Vaksin Nusantara

0
Menteri Kesehatan era Presiden SBY, Siti fadilah Supari. MI/Susanto

Jakarta –  Menteri Kesehatan (Menkes) RI era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Siti Fadilah Supari menjadi relawan penelitian vaksin Nusantara besutan Eks Menkes Terawan Agus Putranto, di RSPAD Gatot Soebroto.

Alasannya, Siti mengaku bersedia ikut jadi relawan uji klinis vaksin Corona berbasis sel dendritik tersebut karena menghargai dan cocok dengan penelitian dalam negeri, untuk mencari anti Covid-19.

“Maka saya bersedia menjadi relawan karena saya menghargai seorang peneliti yang berpikiran beda dengan yang lainnya,” kata Siti dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Menurut Siti, dalam ilmu pengetahuan sekedar logis saja tidak cukup namun harus dibuktikan dengan penelitian. Ia juga mengaku sangat bahagia karena cocok dengan metode yang dikembangkan tim peneliti vaksin Nusantara.

“Saya sangat bahagia karena kondisi saya saat ini sangat cocok dengan metode ini,” pungkasnya.

bukan hanya Siti Fadilah, sejumlah pihak sepereti anggota Komisi IX DPR RI juga ikut menjadi bagian dalam uji klinis vaksin Nusantara.

Sebelumnya, Vaksin Nusantara mendapat sorotan setelah peneliti tetap melanjutkan uji klinis tanpa restu dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kepala BPOM Penny K Lukito, mengatakan bila uji klinis dilakukan tanpa mematuhi aturan dan standar yang ada, maka akan ada risiko masalah yang harus ditanggung.

“Jika ada pelaksanaan uji klinik yang tidak memenuhi standar tahapan preklinik, uji klinik, harus memenuhi poin-poin dalam protokol tapi tidak dilakukan, tentunya akan mengalami masalah sendiri. Tahapan-tahap tersebut tidak bisa diabaikan,” jelas Penny kepada wartawan beberapa waktu lalu.