Beranda Lifestyle Health 3 Kebiasaan Pakai Masker yang Justru Membahayakan Diri Sendiri

3 Kebiasaan Pakai Masker yang Justru Membahayakan Diri Sendiri

JAKARTA: Pemakaian masker kini memang sudah menjadi hal wajib bagi semua orang kala berada di luar rumah. Ini adalah cara termudah dan efektif dalam meminimalkan penyebaran virus corona yang hingga kini masih saja menjadi permasalahan kesehatan global.

Namun, dengan memakai masker bukan berarti kamu benar-benar terlindungi dari virus yang hingga hari ini Minggu (11/4/2021) telah menjangkiti 1.562.868 orang di Indonesia. Sayangnya seiring dengan menurunnya jumlah pasien Covid 19 dan pelaksaan vaksinasi nasional, masyarakat justru semakin santai dalam menghadapi virus yang belum ada obatnya tersebut. Contohnya saja dalam hal pemakaian masker. Alih-alih semakin disiplin, malah banyak yang terlihat santai dan menggunakannya tidak sesuai dengan anjuran yang berlaku. Inilah 3 kebiasaan buruk dalam memakai masker yang mungkin pernah kamu lakukan. Meski terlihat sepele, dampaknya bagi kesehatan ternyata terbilang besar lho.

1.MENURUNKAN MASKER HINGGA DAGU

Menurunkan masker ke dagu memang kerap dilakukan saat merasa masker membatasi aktivitas kita. Entah itu sekadar untuk berbicara atau hendak menyantap makanan. Menurut Dr Grace Huang dari DTAP Clinic, “Menurunkan masker hingga dagu adalah kebiasaan buruk yang membahayakan. Pasalnya, hal itu justru akan membuat risiko seseorang tertular virus atau infeksi lain semakin besar.” Untuk itu, kamu sebaiknya tetap menahan diri untuk menurunkan masker meski saat hendak mengobrol. Dan, saat hendak makan di restoran kamu juga sebaiknya tetap memakai masker dan melepasnya saat hendak makan.

Dr Catherine Ong dari National University Hospital menambahkan permukaan masker mengandung banyak mikroba. “Bagi seseorang yang terinfeksi, partikel tersebut bisa berakumulasi dengan permukaan kulit lain yang bersentuhan dengan kulit wajah,” jelasnya.

Terlebih, pada sisi dalam masker yang sebelumnya telah digunakan biasanya sudah terpapar droplet dari liur dan napas sehingga menmbuat permukaan masker menjadi lembap. Hal itu membuat virus menjadi lebih mudah untuk bertahan hidup ketimbang di permukaan yang kering. Kemudian, sisi luar masker tentu sudah terpapar beragam bakteri, virus, dan debu yang beterbangan. “Dengan menurunkan masker ke dagu, semua virus dan bakteri yang ada di lapisan luar malah akan lebih mudah menempel ke wajah bahkan bibir bagian bawah sehingga virus akan masuk lebih cepat,” jelasnya.

2. MENGGANTUNGKAN MASKER DI LENGAN

Tak jarang ada pula orang di sekitar kita yang terlihat melepas maskernya dan menggantungkannya di lengan mereka. Cara itu mungkin terasa lebih nyaman tapi itu justru membuat kamu berisiko lebih besar terpapar virus apalagi saat kamu berkeringat saat berolahraga. Dr Huang mengatakan, “Meskipun keringat tidak menyebarkan COVID-19, saat berkeringat, Anda mungkin secara tidak sengaja menyentuh wajah yang meningkatkan risiko penyebaran patogen dari tangan atau lengan ke mata, hidung, dan mulut.”

Terlebih, memakai masker itu kembali bisa membuat mulut kamu lebih mudah terpapar patogen. Jadi bagaimana ya supaya tetap nyaman memakai masker meski saat berolahraga? Kamu boleh saja melepas masker saat berolahraga tapi ingatlah untuk menaruh masker di tempat yang bersih jangan di sembarang tempat. Bawa saja kantung yang bersih dan higienis untuk masker kamu supaya tidak terpapar udara kotor dan bisa digunakan kembali.

3. MELIPAT MASKER DAN MENARUHNYA DI SAKU

Kamu salah jika berpikir bahwa menaruh masker di dompet atau saku baju itu lebih aman daripada menaruhnya di atas meja. “Dompet ataupun ponsel kita mungkin merupakan benda paling kotor yang kita miliki,” kata Dr Huang. “Pasalnya, tanpa sadar kita tentu sering menyentuh banyak benda hingga akhirnya menyentuh dompet dan ponsel, padahal dua benda itu penuh dengan bakteri dan virus. Langkah paling aman adalah menyediakan tempat atau kantung khusus masker yang higienis sebagai tempat penyimpanan saat masker tidak digunakan,” tambahnya.

Dan, jangan pula melipat masker karena meski kamu sudah melakukannya dengan hati-hati hal itu bisa membuat masker menjadi kusut atau tergesek akibat gerakan-gerakan,” kata Dr Huang. (CNA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Trik Tetap Nyaman saat Kenakan Sepatu Hak Tinggi

BAGI kamu penggemar sepatu hak tinggi atau high heels, kini tidak perlu lagi takut merasa tak nyaman untuk mengenakannya. Karena sebenarnya ada...