Beranda Lifestyle Health Yuk Lakukan Ini agar Anak tak Bosan #dirumahaja

Yuk Lakukan Ini agar Anak tak Bosan #dirumahaja

JAKARTA: Meski sudah satu tahun berlalu, virus corona masih saja menjadi permasalahan dunia. Pelaksanaan vaksinasi memang sedang berjalan, tapi tetap saja segala aktivitas masyarakat, terlebih yang menimbulkan kerumunan masih dibatasi guna menghentikan virus tersebut.

Termasuk juga kegiatan belajar anak di sekolah yang sampai hari ini ditiadakan. Untuk itu, tak dipungkiri anak-anak pasti akan sering merasa bosan karena selalu ada di rumah.

Nah, maka itu kita para orang tua memang harus lebih memutar otak dan kreatif dalam memberikan aktivitas anak di rumah agar mereka tetap bisa bersemangat. Berikut pilihan ide kegiatan yang bisa membuat anak tetap happy di rumah sekaligus juga bisa melatih kecerdasan mereka:

  1. PUZZLE

Puzzle adalah permainan yang cocok bisa membuat anak tetap tenang dan sibuk. Bukan hanya anak, orang dewasa pun bisa memainkan puzzle untuk mengisi waktu. Bila anak sudah remaja, berikan puzzle dengan 1.000 kepingan agar bisa dikerjakan lama dan bersama-sama. Puzzle dapat melatih perkembangan kognitif anak karena akan membuat mereka berpikir mencari jalan keluar serta memacu daya ingat.

2. BUKU

Mumpung anak-anak memang harus terus berada di rumah, ini kesempatan bagus untuk melatih mereka agar terbiasa membaca buku. Toh, kini mereka memiliki banyak waktu kosong. Minta mereka membaca atau bacakan buku setiap hari. Dengan begitu kosa kata dan kemampuan bahasa mereka akan terlatih dan meningkat.  Untuk anak remaja, coba berikan mereka target, misalkan harus selesai membaca 1 atau 2 buku setiap hari dan minta mereka menceritakannya kembali. 3.

3. PRAKARYA

Bukan hanya anak, orang tua juga bisa mengisi waktu dengan membuat prakarya bersama anak. Sedia saja kertas gambar atau origami dan peralatan lainnya. Buat anak berkreasi dengan menggambar atau membuat sesuatu. Kegiatan itu juga bisa membuat mereka tenang sehingga kamu bisa bekerja dari rumah dengan lancar. Dengan membuat prakarya, anak akan menjadi lebih kreatif. Saat libur berakhir, hasil prakarya tersebut bisa kamu pajang di pigura sebagai kenangan.

4. BUKU AKTIVITAS (activity book)

Masa-masa self distance guna menghadapi pandemi COVID-19 ini juga bisa dimanfaatkan menambah kemampuan belajar anak. Kamu bisa memberikan mereka buku atau kamu bisa membuat sendiri sebuah buku aktivitas. Berikan buku teka-teki atau latihan matematika dan menulis. Melalui latihan tersebut, otak anak akan tetap terlatih dan mereka tidak akan bingung ketika nanti harus kembali ke sekolah. Ini juga akan membuat orang tua merasa tenang karena tahu anaknya sibuk melakukan hal yang bermanfaat.

5. MEMASAK

Menghabiskan waktu di rumah dengan memasak bersama anak juga merupakan cara terbaik mengisi waktu dan mempererat kebersamaan kamu. Cobalah memasak menu berbeda setiap hari dan biarkan anak memilih menu apa yang mereka inginkan. Selain menyenangkan, memasak bersama pada akhirnya membuat lidah dan perut terpuaskan. (ToI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Tembus 1,7 Juta Kasus Covid-19, Ini Peringatan Pembatasan Pengunjung Tempat Wisata

JAKARTA - Peningkatan kasus harian Covid-19 di Tanah Air hingga saat ini masih terus terjadi. Jumat (7/5/2021) kemarin, kasus terkonfirmasi positif Covid-19...