BREAKING NEWS: GEMPA Mw 6,1 Guncang Malang dan Wilyah Lainnya

0

Mediaguna – Malang, Jawa Timur diguncang gempa siang ini pukul 14.00 WIB, Sabtu (10/4/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi yang terjadi di Malang memiliki magnitudo update yaitu Mw 6,1 dilaut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi,” kata Bambang.

Menurut Bambang, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi Malang memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault namun tidak berpotensi tsunami.

Akan tetapi, sejumlah daerah dipastikan akan merasakan getaran guncangan gempa bumi ini dengan skala bervariasi.

Guncangan gempa bumi dengan intensitas V MMI terjadi di daerah Turen.

Masyarakat yang tinggal di Karangkates, Malang dan Blitar, akan mengalami Kondisi guncangan intensitas IV MMI dimana getarannya dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Untuk Guncangan dengan intensitas III-IV MMI, akan dirasakan oleh warga Kediri, Trenggalek dan Jombang.

sementara wilayah yang merasakan guncangan gempa dengan skala intensitas III MMI yaitu dirasakan getaran seakan-akan truk berlalu adalah daerah Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran dan Denpasar

Sedangkan guncangan dengan skala intensitas II MMI yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang dialami masyarakat di daerah Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” tutur Bambang.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 14.25 WIB, Sabtu (10/4/2021) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Meskipun demikian, masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selain itu, perlu juga dilakukan pemeriksaan bangunan tempat tinggal paska gempa sebelum kembali kedalam rumah

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu (terkait gempa bumi Malang) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkasnya.