Selasa, 13 April, 2021
Beranda Lifestyle Health Ini Cara Satgas Covid-19 Lacak dan Cegah Mutasi Corona B117 Menyebar di...

Ini Cara Satgas Covid-19 Lacak dan Cegah Mutasi Corona B117 Menyebar di Indonesia

Jakarta – Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 akan secepatnya mengambil langkah antisipasi atas meningkatnya jumlah kasus Corona mutasi Inggris B117 hingga mencapai 10 kasus.

“Pemerintah berupaya meningkatkan sequencing genetik, ini untuk upaya antisipatif perluasan penularan yang lebih optimal,” kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, saat dihubungi wartawan, Rabu (7/4/2021).

Akan tetapi, Wiku memastikan langkah yang paling efektif yaitu tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan. Dalam kesempatan ini, Wiku menjelaskan bahwasanya pemerintah juga akan mengatur alur keluar masuk pelaku perjalanan luar negeri.

“Namun pada prinsipnya upaya paling efektif untuk menekan ini, selain mengatur alur keluar masuk pelaku perjalanan luar negeri, ialah peningkatan disiplin protokol kesehatan, karena pada prinsipnya protokol kesehatan dapat mencegah area virus untuk bermutasi menjadi varian yang baru maupun menularkan kepada orang lain,” jelasnya.

Satgas Covid-19 memastikan pihaknya langsung melakukan tracing kontak 10 kasus Corona mutasi baru B117 dimana upaya karantina juga dilakukan kepada 10 kasus tersebut.

“Iya, baik kasus yang mengandung virus varian baru atau tidak harus dilakukan tracing segera,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read