Selasa, 13 April, 2021
Beranda News Hukum Tok! Hakim Tipikor Vonis Joker 4 Tahun 6 Bulan Penjara

Tok! Hakim Tipikor Vonis Joker 4 Tahun 6 Bulan Penjara

Jakarta – Joko Sugiarto Tjandra alias Djoko Tjandra yang disebut publik ‘Joker’, akhirnya divonis dengan hukuman empat tahun enam bulan penjara serta denda Rp100juta subsider enam bulan atas perkara pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) dan suap penghapusan red notice, oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Jakarta, Hari ini, Senin, (5/4/2021).

Vonis terhadap Joker, dibacakan langsung oleh Hakim Ketua Muhammad Damis, dimana hukuman bagi Djoko Tjandra lebih berat daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni empat tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider enam bulan kurungan.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara selama empat tahun enam bulan penjara dan denda Rp100 juta dengan ketentuan bila denda tidak dibayar maka diganti hukuman kurungan selama enam bulan,” kata Damis saat membacakan amar putusan.

Djoko terbukti bersalah dan meyakinkan melakukan tindak pidana secara bersama-sama berdasarkan beberapa hasil pemeriksaan terhadap keterangan saksi, barang bukti, dan rekam jejak digital yang telah dihadirkan dan menjadi fakta dalam persidangan, sebagai tindakan suap dan pefukatan jahat.

Hal-hal hal-hal yang memberatkan Joker adalah dirinya tidak mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, berupaya menghindari putusan hukum tetap serta tindakannya merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi penegak hukum.

“Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa bersifat sopan dalam persidangan dan terdakwa sudah berusia lanjut,” tutur Damis.

Djoko dikenakan Pasal 5 ayat 1 huruf a dan Pasal 15 juncto Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 65 ayat 1 dan 2 KUHP).

Atas putusan tersebut, Djoko Tjandra maupun Jaksa mengatakan pikir-pikir sebelum menerima atau melanjutkan kasus tersebut ke tingkat selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Dear Juliets, Boyband Cilik Bentukan Sang Dewi Titi DJ

JAKARTA: Dear Juliets, boy band cilik yang diproduksi Sang Dewi Enterprise, merilis single keduanya berjudul Your Hair. Untuk penggarapan musiknya, Titi DJ...