Selasa, 13 April, 2021
Beranda Lifestyle Health Satgas Covid-19: Larangan Mudik Lebaran 2021 Demi Kebaikan Bersama

Satgas Covid-19: Larangan Mudik Lebaran 2021 Demi Kebaikan Bersama

Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan, larangan mudik Lebaran 2021 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, telah melalui berbagai pertimbangan khususnya keselamatan masyarakat.

“Setelah mempertimbangkan semua faktor risiko jangka panjang, pemerintah harus mengambil keputusan tegas demi kebaikan bersama,” kata Wiku dalam konferensi pers yang dilansir pada YouTube Sekretariat Presiden.

Wiku mengutarakan bahawasanya tidak mudah bagi pemerintah melarang mudik Lebaran, seperti mudik tahun lalu yang juga diterakan oleh pemerintahan Jokowi.

Akan tetapi, berdasarkan kajian dan pengalaman, libur panjang terbukti meningkatkan angka kasus Covid-19. Selain ikut melonjaknya sebaran dan angka kematian, fasilitas kesehatan seperti ketersediaan tempat tidur, rumah sakit atau tempat karantina juga akan kembali penuh.

Wiku meengatakan hal ini sempat terjadi pada sejumlah momen libur panjang, seperti Natal dan tahun baru 2021 lalu.

Atas dasar itulah, kebijakan larangan mudik dinilai tepat untuk mencegah mobilitas orang selama momen Lebaran 2021.

“Mengingat Indonesia telah berhasil menurunkan kasus baru Covid-19 selama beberapa bulan terakhir kebijakan pelarangan mudik di tahun 2021 diharapkan mampu menjaga momentum penurunan kasus tersebut,” jelas Wiku.

Pemerintah saat ini tengah menyusun sanksi bagi pelanggar larangan mudik Lebaran yang nantinya akan diimplementasikan oleh seluruh pemerintah daerah.

Detail teknis pengaturan pengetatan mobilitas selama libur Ramadhan dan Idul Fitri saat ini tengah rampungkan oleh pemerintah.

“Satgas berharap masyarakat dapat menaati keputusan ini agar Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi dan masyarakat bisa kembali berkumpul bersama keluarga di perayaan-perayaan besar berikutnya,” pungkas Wiku.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemerintah resmi mengeluarkan kebijakan terkait larangan mudik Lebaran 2021 pada Jumat (26/3/2021).

Larangan mudik ini berlaku untuk seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya untuk pegawai pemerintahan yang akan diterapkan mulai 6-17 Mei 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Ini Harapan Menpora Amali ke PP PBSI Periode 2020-2024

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap kepengurusan Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) masa...