Menpora Amali Akui Sepak Bola di Jawa Timur Punya Potensi yang Luar Biasa

0
Menpora Zainudin Amali saat membuka Kongres Luar Biasa PSSI Jawa Timur di Ballroom Hotel Sheraton Surabaya, Sabtu (27/3/2021).

Surabaya – Perkembangan sepak bola di Jawa Timur mendapatkan apresiasi yang besar dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, bahkan dirinya menyebut jika provinsi ini memiliki potensi yang luar biasa. 

Hal tersebut diungkapkan Menpora Amali saat membuka Kongres Luar Biasa PSSI Jawa Timur di Ballroom Hotel Sheraton Surabaya, Sabtu (27/3/2021). “Potensi Jawa Timur dibidang olahraga khususnya sepak bola luar biasa. Ini harus sama-sama kita dorong,” kata Menpora Amali dalam sambutannya. 

Ya, seperti diketahui, Jawa Timur merupakan teritorial kesebelasan sepak bola dengan popularitasnya yang cukup tinggi. Terdapat 5 klub yang berkompetisi di Liga 1, diantaranya adalah Persebaya Surabaya, Madura United, Persik Kediri, Arema FC, dan Persela Lamongan.

Tak hanya itu, Jawa Timur juga dikenal banyak memiliki talenta dan regenerasi pesepak bola. Bahkan mampu menembus Timnas Indonesia. Oleh karenanya, provinsi ini bisa dibilang sebagai barometer sepak bola nasional dengan kontestan klub yang banyak di kasta tertinggi. “Jadi, nggak salah kalau Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini memberi perhatian yang luar biasa terhadap sepak bola didaerahnya,” ujar Menpora Amali. 

Lebih lanjut, politikus Partai Golkar itu juga menyampaikan perkembangan Piala Menpora 2021 dalam Kongres Luar Biasa PSSI Jawa Timur tersebut. Ia berharap, PSSI Jawa Timur dapat ikut serta menyukseskan turnamen pramusim ini.

“Sepak bola sempat berhenti sekitar setahun karena ada pandemi. Sekarang mulai bergairah kembali, ada Piala Menpora. Masyarakat bisa kembali menyaksikan pertandingan sepak bola. Dikarenakan pandemi, masyarakat maupun suporter diimbau menonton dari rumah saja, tidak nonton bareng,” terang Menpora Amali. 

Dijelaskan Menpora Amali, Piala Menpora 2021 menjadi ujian sebelum bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Untuk itu, Menpora Amali berharap turnamen ini bisa berjalan dengan sukses, aman, dan tertib. 

“Semoga kompetisi bisa bergulir kembali. Dengan catatan, Piala Menpora harus sukses, dan tertib. Saya berpesan agar suporter dukung dan menyaksikan dari rumah masing-masing,” jelas Menpora Amali.

“Saya minta partisipasi PSSI Jawa Timur untuk bisa terus merangkul suporter didaerahnya masing-masing. Saya juga berharap semoga olahraga di Jawa Timur terus maju,” pungkas Menpora Amali.