Kemenpora-Kemenparekraf Kerjasama Gelar The Bali Golf Challenges

0
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima kunjungan dari Perkumpulan Golf Pondok Indah Anton Tjahjono yang didampingi Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta Reza Rajasa di ruang kerjanya, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu (24/3)

Jakarta, HanTer – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima kunjungan dari Perkumpulan Golf Pondok Indah Anton Tjahjono yang didampingi Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta Reza Rajasa di ruang kerjanya, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Rabu (24/3/2021). 

Menpora Amali mengatakan kedatangan rombongan Perkumpulan Golf Pondok Indah dan PGI DKI Jakarta ini untuk melaporkan terkait rencana kegiatan turnamen golf yang akan digelar di Bali pada tanggal 14-15 Agustus 2021 mendatang. 

“Saya menerima pak Anton dan teman-teman sebagai panitia untuk turnamen golf yang diberi judul The Bali Golf Challenges. Ini adalah inisiatif komunitas golf dan juga kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Menpora Amali usai pertemuan. 

Menurut Menpora Amali meski saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 namun kegiatan olahraga harus mulai digeliatkan lagi. Beberapa kompetisi olahraga sudah mulai dijalanakan seperti Indonesia Basketball League (IBL) dan kompetisi pramusim Piala Menpora sampai saat ini berjalan dengan lancar namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. 

“Nah turnamen golf ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus dan sekaligus untuk menyampaikan kepada masyarakat baik yang ada dalam negeri maupun di luar negeri bahwa Indonesia khusunya cabang olahraga golf sudah mulai, sudah ada aktifitas,” pungkas Menpora Amali.

Dengan adanya turnamen-turnamen seperti ini digarap kan kegiatan olahraga bisa jalan kembali dan ekonomi masyarakat bisa menggeliat lagi. Pasalnya, sport tourism atau wisata olahraga sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. 

“Nah ini sekarang atas inisiatif komunitas-komunitas tentu pemerintah sangat mengapresiasi dan kita dorong ini. Mudah-mudahan ini menajdi contoh yang baik dan makin banyak turnamen-turnamen,” harapnya. 

Menpora Amali pun mendorong sport tourism atau wisata olahraga golf menjadi salah satu daya tarik wisata di Indonesia untuk wisatawan-wisatawan dari luar negeri. Dia pun mencontohkan Thailand yang sudah menjadikan golf sebagai bagian dari pemasukan devisa sport tourism. 

“Padahal kalau dari segi fasilitas, kita mungkin bisa sama atau bisa lebih. Banyak lapangan golf yang tersedia, kemudian keramahan dan hospitality yang bagus di tempat kita. Saya kira itu bisa menjadi daya tarik,” jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Golf Pondok Indah Anton Tjahjono mengatakan bahwa pihaknya juga mendorong sport tourism khusunya golf untuk meningkatkan kegiatan ekonomi di daerah-daerah. 

“Dalam rangka turnamen ini, sengaja diadakan tujuan nantinya bisa kumpulkan dana untuk 50 persennya pengembangan UMKM, 50 persen lagi pembinaan pegolf junior,” ujarnya. 

Hal senada disampaikan Ketum PGI DKI Reza Rajasa mengatakan bahwa Para pegolf junior sangat merindukan kompetisi setelah hampir setahun pandemi mewabah di tanah air. 

“Pegolf-pegolf junior sangat merindukan acara kompetisi-kompetisi dan ini acara yang baik yang dilakukan Perkumpulan Pondok Indah dan Kemenpora, oleh karena itu PGI menanggapi serius dan berterimakasih,” tukasnya.