Turnamen Piala Menpora 2021 Bangkitkan Dunia Sepak Bola Yang Mati Suri Akibat Pandemi

0
Menpora, Zainudin Amali

Solo – Penantian panjang masyarakat Indonesia, terutama para pecinta sepakbola Tanah Air untuk menyaksikan kembali kesebelasan favoritnya bertanding di lapangan hijau akhirnya terwujud. Industri olahraga si kulit bundar seakan mulai bangkit kembali usai dilakukannya kick-off pertama turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/3/2021).

Ya, Piala Menpora yang diperkuat seluruh peserta Liga 1, kecuali Persipura Jayapura, resmi bergulir. Arema FC dan PS Tira Persikabo selaku kontestan Grup A, menjadi kesebelasan yang berkesempatan mengawali laga pembuka turnamen tersebut. Meski menerapkan protokol kesehatan yang ekstra ketat, terutama tanpa dihadiri kelompok suporter, hal itu tak menjadi halangan untuk tampil secara kompetitif.

Sebelum pertandingan di mulai, panitia pelaksana, sedikit melangsungkan seremoni pembukaan secara sederhana dengan beberapa sambutan, terutama ihwal imbauan protokol kesehatan (prokes) agar tak terjadi klaster baru di sepak bola. Bila itu berjalan lancar, bukan tak mungkin, selepas gelaran Piala Menpora 2021, PSSI selaku federasi berpeluang menggelar kompetisi berjenjang, baik Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

Usai sambutan, Menpora Zainudin Amali menandai pembukaan dengan penekanan tombol sirine bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di tribun Stadion Manahan. Amali mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya Piala Menpora 2021. Menurutnya, turnamen ini menjadi pelepas dahaga pecinta sepak bola Indonesia setelah industri tersebut sempat mati suri selama setahun.

Ini juga menjadi cikal bakal dimulainya pertandingan yang lebih besar dan prestisius, yakni kompetisi berjenjang. Tak ayal, acap kali Menpora Amali meminta dengan sangat kepada seluruh stakeholder, terutama suporter, untuk menyaksikan tim kesayangannya berlaga melalui layar kaca alias di rumah saja.

“Ini ujian bagi sepakbola Indonesia, kita harus mampu tunjukkan sepak bola bisq bergulir lagi dengan menjalankan protokol kesehatan yang disiplin. Saya yakin suporter Indonesia bisa tertib untuk mendukung Piala Menpora 2021 ini. Terima kasih saya ucapkan kepada Wali Kota Solo yang mau menjadi tuan rumah untuk pembukaan,” kata Amali dalam sambutannya. 

“Sepak bola akan maju jika mendapat dukungan penuh dari seluruh stake holder. Saya apresiasi Ketum PSSI, Dirut LIB dan 4 kota penyelenggara. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas ketersedianya menjadi tuan rumah. Kepada semua suporter ayo kita dukung tim kesayangan kita masing-masing dari rumah,” jelasnya menambahkan.

Senada dikatakan Ketua Umum PSSI Mochmad Iriawan. Pria yang karib disapa Iwan Bule itu mengatakan, turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 menjadi ujian untuk masa depan sepak bola selanjutnya. “Kita wajib bersyukur, hari adalah moment spesial dimana kita bisa mengulirkan sepak bola di tengah pandemi covid-19,” katanya. 

“Kita tahu ada komitmen khusus dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam setiap pertandingan. Saya yakin kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses. Teman-teman suporter nonton di rumah saja jangan datang ke stadion. Karena ini adalah ujian untuk kelanjutan sepakbola Indonesia,” ucap dia. 

Turnamen ini merupakan uji coba untuk melihat kesiapan pihak penyelenggara untuk menggelar pertandingan sepak bola di masa pandemi Covid-19. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru memastikan turnamen ini akan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Jika turnamen ini sukses, ada kemungkinan pemerintah akan memberi lampu hijau agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 digulirkan kembali.

Dalam laga pembuka, Arema FC dan PS Tira Persikabo bermain imbang 1-1. Sebelumnya Tira Persikabo unggul lebih dulu melalui gol Ahmad Nufiandani pada menit ke-11. Namun Singo Edan mampu menyamakan skor menjadi 1-1 melalui Dendi Santoso menit ke-82. Di pertandingan kedua Grup A, PSIS Semarang juga berbagi satu angka setelah bermain imbang 3-3, Minggu (21/3/2021) malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here