Tok, PT Jakarta Kuatkan Vonis Anita Kolopaking

0

Jakarta – Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta menguatkan vonis 2,5 tahun kurungan penjara yang sebelumnya diputuskan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Timur terhadap pengacara Anita Kolopaking.

Kuasa hukum Djoio Tjandra alias Joker ini dinilai terbukti berbuat dua kejahatan, yaitu memalsukan surat dan membantu Joker, sebutan publik kepada Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra untuk kabur

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus ini bermula ketika Djoko Tjandra melarikan diri ke Malaysia usai divonis 2 tahun penjara dalam kasus korupsi cassie Bank Bali. Djoko Tjandra yang menghilamg lantas tiba-tiba datang ke Indonesia dan mengajukan PK pada 2020.

Djoko Tjandra meminta bantuan Anita termasuk membuat e-KTP palsu di Kelurahan Grogol Selatan. Akan tetapi, siasat licik Anita terbongkar pada pertengahan 2020 dan sejumlah nama terseret termasuk dua Jenderal Polri. Anita

22 Desember 2020 lalu Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) memutuskan Anita Kolopaking terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana menyuruh melakukan membuat surat palsu secara berlanjut dan tindak pidana sengaja memberi pertolongan ketika meloloskan diri kepada orang yang ditahan atas putusan hakim.

Atas vonis itu, Anita tidak terima dan mengajukan banding dengan alasan dirinya adalah advokat yang sedang menjalani profesinya.

“Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Nomor 1037/Pid.B/2020/PN.Jkt.Tim, tanggal 22 Desember 2020,” ujar majelis hakim yang diketuai Yahya Syam dengan anggota Sri Andini dan M Lutfhi sebagaimana dilansir website Mahkamah Agung (MA), Senin (23/3/2021).