Ma’ruf Amin: Divaksin 2 Kali Jangan (Merasa) Jadi Superman

0

Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, mengingatkan masyarakat perihal antibodi baru terbentuk secara optimal 28 hari setelah disuntik vaksin COVID-19 dosis kedua. Atas dasar itulah Ma’ruf meminta masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker.

“Kekebalan Terbentuk 28 hari sesudah vaksinasi kedua. Jadi pesan saya, kalau habis disuntik jangan langsung seperti Superman, kemudian jalan jauh ke mana-mana nggak pakai masker,” kata Ma’ruf usai menjalani vaksinasi kedua di Kediamannya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat yang di release oleh Setwapres, Rabu (17/3/2021).

Orang nomor dua di republik ini mengatakan siapapun yang sudah divaksin masih bisa bisa tertular COVID-19 sehingga masyarakat diminta tetap patuh protokol kesehatan usai divaksin COVID-19.

“Walaupun sudah divaksin, ada saja yang bisa tertular. Jadi, kita tetap harus menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Dan juga mematuhi aturan PPKM, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, dan vaksinasi. Semua untuk kemaslahatan kita, kebaikan kita,” jelas Ma’ruf.

Dalam kesempatan ini, Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi yang masuk dalam upaya mendukung pemerintah dalam mewujudkan kekebalan imunitas seluruh warga negara Indonesia.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, karena ini bukti untuk kita supaya terjadi kekebalan imunitas masyarakat, menjaga dari pengaruh penyebaran COVID-19,” pungkas Ma’ruf.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang mendampingi Ma’ruf Amin saat divaksinasi memastikan bahwa vaksinasi Ma’ruf Amin berjalan lancar.

“Saya datang ke sini untuk memastikan bahwa senior kita, apalagi jabatannya paling tinggi aman-aman saja. Mudah-mudahan ini bisa memberikan keyakinan kepada teman-teman sekalian bahwa vaksinasi ini aman,” kata Budi Gunadi.

Mengamini Ma’ruf Amin, Budi Gunadi juga menekankan antibodi manusia terhadap virus COVID-19 baru terbentuk 28 hari setelah vaksinasi kedua.

“Kekebalan secara optimal terbentuk 28 hari sesudah vaksinasi kedua. Jadi pesan saya, kalau habis disuntik jangan langsung seperti Superman, kemudian jalan jauh ke mana-mana nggak pakai masker,” pungkasnya.