Rabu, 20 Januari, 2021
Beranda Lifestyle Health Rutin Swab Antigen. Haruskah?

Rutin Swab Antigen. Haruskah?

Jakarta – FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat beranggapan bahwa tes PCR atau Polymerase Chain Reaction bisa memberikan hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan swab antigen. Tetapi, proses pelaksanaan dan analisisnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Nah, inilah yang menjadi salah satu nilai lebih dari tes antigen, karena hasil pemeriksaan bisa didapat dalam hitungan menit.

Meski begitu, swab antigen mungkin tidak bisa mendeteksi lebih baik daripada tes PCR. Pemeriksaan ini memang spesifik untuk mendeteksi keberadaan virus, tetapi tingkat kepekaannya tidak sebaik tes PCR. Artinya, hasil positif dari swab antigen bisa jadi sangat akurat, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya tingkat negatif palsu yang lebih tinggi.

Terlepas dari kelemahan yang dimilikinya, swab antigen dinilai bisa menjadi pemeriksaan atau skrining tahap awal deteksi penyakit COVID-19 yang terbilang efektif dengan harga terjangkau. Namun, perlukah tes ini dilakukan secara rutin?

Ternyata, tidak ada aturan yang mewajibkan seseorang melakukan pemeriksaan swab antigen secara rutin. Pemeriksaan rapid antigen memang tidak membutuhkan peralatan yang mahal dan bahan kimia yang diperlukan untuk tes PCR, sehingga tes ini bisa dilakukan dengan mudah di kantor, rumah sakit, fasilitas kesehatan, bahkan sekolah.

Selain itu, dari hasil cepat tes swab antigen menunjukkan bahwa orang yang positif terkena COVID-19 bisa langsung dilakukan isolasi dengan cepat, sebelum risiko menularkan kepada orang lain menjadi lebih besar. Meski pemeriksaan ini memiliki rasio negatif palsu sebesar 10 persen, tetapi orang dapat dengan mudah dites berulang kali, sehingga kemungkinan hasil negatif palsu pada tes pertama bisa terdeteksi positif pada tes kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Syekh Ali Jaber Tutup Usia

Pendakwah Syekh Ali Jaber meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada pukul 08.30 WIB. Kabar duka ini disampaikan...