Kemlu: Kedubes Jerman Pulangkan Staf yang Sambangi Markas FPI

0

Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah menemui perwakilan Kedubes Jerman terkait salah seorang staf diplomatik mereka yang menyambangi markas FPI di Petamburan, Jakarta beberapa hari lalu.

Kemlu menyebut staf tersebut akan dipulangkan ke negara asalnya oleh Kedubes Jerman.

“Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera (keJerman) untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya,” isi pernyataan resmi Kemlu RI, Senin (21/12/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Kedubes Jerman memastikan kedatangan staf diplomatiknya ke markas FPI adalah inisiatif pribadi yang bersangkutan. Atas peristiwa tersebut, Kedubes Jerman menyampaikan permintaan maaf dan menyesalkan kejadian ini.

“Kepala Perwakilan Kedubes Jerman menyampaikan bahwa keberadaan staf Kedubes Jerman di tempat tersebut dan pertemuan yang dilakukan adalah atas inisiatif pribadi tanpa mendapatkan perintah atau sepengetahuan pimpinan Kedutaan Besar Jerman. Atas kejadian ini, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman sampaikan permintaan maaf dan penyesalannya atas kejadian tersebut,” jelas Kemlu.

Selain itu, Kedubes Jerman juga menyampaikan dukungan pemerintahnya dan tetap melanjutkan kerja sama bilateral dengan Indonesia untuk melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian.

Meskipun demikian, Kemlu menuntut Kedubes Jerman memberikan pernyataan resmi ke publik soal staf diplomatiknya yang ke markas FPI.

“Kementerian Luar Negeri menuntut agar Kedutaan Besar Jerman memberikan pernyataan resmi kepada publik sebagaimana yang dijelaskan kepada Kementerian Luar Negeri,” tegas Kemlu.

Seperti diberitakan sebelumnya, FPI mengaku telah didatangi pihak Kedutaan Besar Jerman untuk Republik Indonesia untuk menyampaikan berbelasungkawa atas tewasnya enam anggota FPI pengawal Habib Rizieq.

“Dari Kedutaan Jerman sudah datang ke Sekretariat FPI,” kata Sekretaris Umum FPI Munarman dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (19/12).