Rabu, 28 Oktober, 2020
Beranda Lifestyle Health Inilah Vaksin Corona yang Masuk Tahap Pemakaian Terbatas

Inilah Vaksin Corona yang Masuk Tahap Pemakaian Terbatas

Jakarta – Hingga hari ini beberapa jenis vaksin corona yang diproduksi beberapa perusahaan dari negara yang berbeda telah memasuki tahap pemakaian terbatas. Tidak ada salahnya kenali beberapa jenis vaksin tersebut. Berikut ulasannya:

1.CanSinoBio

Perusahaan China CanSino Biologics mengembangkan vaksin yang ada berdasarkan adenovirus yang dikenal sebagai ad5. Perusahaan ini bekerjasama dengan institute biologi pada akademi ilmu kedokteran di China. Bulan Mei lalu perusahaan ini mengumumkan fase 1 dan bulan Juli telah memasuki fase 2. Hasilnya, vaksin yang mereka kembangkan dapat menghasilkan respon imun yang kuat. Pada 9 Agustus lalu, Kementerian Saudi pun mengumumkan bahwa vaksin ini telah memasuki tahap 3 dan akan memulai uji coba dalam pemakaian terbatas di Pakistan.

2.Sputnik V

Gamaleya Research Institute telah mengembangkan vaksin untuk COVID-19 yang dikenal dengan Gam-Covid-Vac. Vaksin jenis ini dikenal juga sebagai Sputnik V. Jenis ini merupakan dua kombinasi dari adenovirus, ad5 dan ad6. Bulan Agustus lalu, Presiden Rusia telah menyetujui vaksin tersebut untuk diuji coba dalam uji terbatas. Namun, keputusan ini banyak menuai kekhawatiran dari berbagai peneliti karena vaksin tersebut baru memasuki uji klinis fase kedua dan baru masuk fase ketiga pada September 2020. Keputusan ini dinilai terlalu dini.

3.Sinovac

Bulan Juli lalu perusahaan pengembang vaksin Sinovac mengumumkan uji klinis fase gabungan menunjukkan tidak ada efek samping yang cukup parah pada pasien yang menerima vaksin ini. Uji coba fase 3 juga sudah dilakukan pada Juli di Brasil. Bahkan, vaksin ini akan digunakan untuk pemakaian terbatas pada Juli. Di Indonesia sendiri, vaksin ini akan dipasok untuk masyarakat pada Maret 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read