Selasa, 20 Oktober, 2020
Beranda Tech Gadgets Menjelajah Peforma Huawei P40 Series

Menjelajah Peforma Huawei P40 Series

Jakarta – Setelah sukses dengan Huawei P30 series tahun lalu, Huawei kembali memperkenalkan jajaran smartphone flagship dengan membawa inovasi terbaru. Adapun ketiga smartphone dari Huawei tersebut adalah Huawei P40, P40 Pro, dan P40 Pro+ yang mengusung tema Visionary Photography.


Ketiga smartphone tersebut memiliki keunggulan masing-masing dari segi dapur pacu, kamera, baterai, kamera, desain, hingga layar. Kira-kira apa saja ya keunggulan dari 3 smartphone flagship terbaru dari Huawei ini? Simak pembahasannya berikut ini.

Performa

Pertama-tama mari membahas dulu sektor dapur pacu dari ketiga ponsel ini. Ketiga perangkat ini sudah dapat dikatakan semakin menunjukkan kekuatan inovasi Huawei dalam bidang perangkat lunak dan keras dengan penggunaan Kirin 990 5G. Sebagai SoC terbaik yang dimiliki oleh Huawei saat ini, Kirin 990 5G memiliki octa-core CPU, 16-core GPU dan triple-core NPU. Ketiganya dapat bekerja bersamaan sehingga mampu memproses dan menghasilkan kinerja yang paling baik untuk mendukung efisiensi produktivitas pengguna, pengalaman gaming, dan AI Computing scenario.


Seperti pada Huawei P40 Pro yang ditenagai oleh chipset Kirin 990 5G dengan RAM 8GB dan memori internal UFS3.0 sebesar 128/256/512GB. Tidak hanya itu, kapasitas media penyimpanan tersebut masih bisa diperluas hingga 256 GB dengan Nano Memory. Untuk menunjang kinerja performanya yang ciamik, P40 Pro telah ditanamkan baterai sebesar 4.200 mAh dengan dukungan fast charging 40W, fast wireless charging 27W dan fast reverse wireless charging 27W.

Ponsel ini juga telah mendukung Android 10, antarmuka EMUI 10.1, pemindai sidik jari di bawah layar, NFC, Infrared port, dan sertifikat IP68 anti air/debu. Namun, ponsel ini tidak mendukung Google Play Store dan untuk gantinya pengguna bisa memakai Huawei AppGallery yang sudah berkembang dalam menyajikan berbagai aplikasi gratis untuk para pengguna Huawei.

Dilengkapi juga dengan Huawei Mobile System yang memungkinkan penggunanya mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan dari HUAWEI AppGallery. Selain itu ketiga perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan EMUI 10.1 yang bakal memberikan berbagai fitur menarik bagi penggunanya seperti MeeTime, share screen, dan fitur lainnya.

HMS adalah aplikasi dan layanan dari Huawei untuk ekosistem perangkatnya. Salah satu layanannya adalah Huawei AppGallery yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengunduh beragam aplikasi hingga games. Pada layanan ini, pelanggan juga akan mendapati Huawei Browser, Huawei Mobile Cloud, Huawei Themes, Huawei Music, Huawei Video, Huawei Reader, Huawei Quick App dan Huawei Assistant yang tersedia di perangkat seri P40.

Sementara itu, Huawei AppGallery adalah platform distribusi aplikasi resmi Huawei, adalah pasar aplikasi pertama di dunia yang menerapkan sistem verifikasi identitas pengembang. Ini juga dilengkapi sistem deteksi empat lapis untuk memastikan keamanan aplikasi, dan memanfaatkan algoritma kepemilikan untuk memungkinkan rekomendasi konten yang berguna.

Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengunduh aplikasi tanpa khawatir tentang masalah keamanan. Ini dikarenakan AppGallery memberikan pengguna layanan aplikasi, seperti rekomendasi, pencarian, instalasi, manajemen, dan layanan berbagi, dan membantu pengembang memaksimalkan nilai bisnis aplikasi.

Selain itu kini Huawei menghadirkan Petal Search – Finds Apps yang akan semakin memudahkan para pengguna Huawei untuk mengakses jutaan aplikasi. Mulai dari aplikasi media sosial hingga pengiriman pesan, keseharian pengguna akan menjadi semakin mudah.

Mengusung tema Visionary Photography kurang lengkap nampaknya kalau tidak menggali lebih jauh fitur kamera dari Huawei P40 Series. Semakin tinggi tipe ponselnya maka ada penambahan kamera yang dibarengi dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Sama seperti pendahulunya, Huawei P40 juga dilengkapi dengan teknologi RYYB dan juga sensor CMOS berukuran 1/1.28in yang jauh lebih besar dari kamera lainnya. Selain itu, terdapat juga penyatuan 4 in 1 pixel yang akan semakin memberikan kualitas gambar yang diambil menjadi lebih maksimal. Semua produk seri P40 juga menawarkan mode yang sudah familiar bagi pencinta Huawei, mulai dari pengambilan gambar Artificial Intelligence hingga night mode.


Ketiga perangkat ini juga dibekali dengan kamera wide-angle walaupun ada perbedaan di antara ketiga perangkat tersebut. Sang ‘anak’ bungsu P40, mempunyai sensor 16 MP pada panjang fokus 17mm, sedangkan ‘kakaknya’ P40 Pro dan Pro+ masing-masing menawarkan sensor 40 MP pada 18 mm. Ponsel ini juga didukung dengan kamera resolusi yang lebih besar dengan cine lens yang dapat mendukung untuk pembuatan video hingga kualitas 4K.

Untuk Huawei P40 tetap dengan susunan triple-camera di bagian belakang dengan 50MP SuperSensing, 16MP ultra-wide, dan 8MP telephoto cameras, yang bakal menghadirkan 3x optical zoom dan 5x hybrid zoom, serta 30x max zoom.

Kakaknya, P40 Pro memiliki empat kamera belakang dari Leica yang terdiri dari kamera utama 50MP, ultra wide camera 40MP, tele camera 12MP, dan TOF 3D. Selain itu terdapat juga, sensor time-of-flight yang akan memberikan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x max zoom. Sementara itu, dilengkapi juga dengan kamera depan 32MP dan IR TOF 3D yang bisa berfungsi sebagai pemindai wajah (face unlock).

Sementara itu, P40 Pro+ menambahkan lensa 3x optical telephoto zoom pada fitur kameranya sehingga mampu menghadirkan ‘SuperZoom’ array sampai maksimal 100x zoom. P40 Pro dan P40 Pro+ juga dilengkapi dengan sensor kedalaman Time-of-Flight, yang dapat mengambil gambar dari jarak jauh dan dapat digunakan untuk membantu menciptakan latar belakang samar (bokeh) dalam mode portrait.

Secara keseluruhan, rentetan seri Huawei P40 memiliki baterai Li-Po 4.200 mAh yang didukung dengan 40W SuperCharge Huawei yang sudah dibundel dengan pengisi daya tersebut. Dengan masa pakai baterai yang sangat baik Huawei P40 Pro dapat melakukan pengisian dalam 30 menit untuk mengisi ulang hingga 80% dari baterai kosong, sementara pengisian penuh hanya membutuhkan waktu 50 menit.

Seri Huawei P40 juga dilengkapi oleh smart battery charging sehingga ketika menghubungkan P40 dicharge semalaman, ponsel ini akan menurunkan kecepatan dan menyelesaikan pengisian ketika sudah penuh. Pada seri Huawei P40, dilengkapi dengan daya tahan baterai yang lebih tahan lama. Dalam permainan game selama 4 jam nonstop, batre pada Huawei P40 Pro hanya berkurang tidak lebih dari 20%.

Untuk Huawei P40 didukung 22.5W Fast Charging, sementara Huawei P40 Pro didukung 40W Fast Charging + Wireless Charging 27W, dan P40 Pro+ didikung 40W Fast Charging + Wireless Charging 40W. Khusus untuk P40 Pro dan P40+, kedua ponsel ini bahkan dapat membalikkan pengisian nirkabel atau Fast Reverse Wireless Charging 27W. Kemudian setelah mengaktifkan reverse charging dari opsi baterai, ponsel dapat digunakan untuk mengisi daya smartwatch atau earbuds nirkabel dari ponsel.

Untuk layar, Huawei P40 Series bakal memberikan layar lebar dan datar serta bezel yang tipis walaupun untuk Huawei P40 punya bezel lebih tebal dari kedua kakaknya. Untuk desain, Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ menampilkan sebuah desain yang disebut ‘Quad-curve Overflow Display’.


Ketiga ponsel ini masih mengadopsi poni (notch) di atas kiri layar yang disematkan dua kamera depan. Untuk Huawei P40 Pro, layar 6,58 inci dengan resolusi 1200 x 2640 bakal memberikan pengalaman menonton video yang sangat baik karena layarnya yang cerah dan besar.

Huawei telah meningkatkan refresh rate menjadi 90Hz, yang lebih cepat dari 60Hz dari seri smartphone sebelumnya yang memungkinkan gambar yang lebih halus di layar saat bermain game seluler atau scrolling media sosial. Dengan ukuran 158,2 x 72,6 x 9mm Huawei P40 Pro bakal lebih nyaman di genggaman tangan dan jika menginginkan ponsel yang lebih kecil, Huawei P40 bisa menjadi pilihan.

Huawei pun telah memberikan sentuhan baru pada warna yang di mana pada sebelumnya gradien dua warna mencolok pada P30 jadi pilihan. Kini desain tersebut berubah menjadi nada padat yang tampak berkelas untuk P40 Pro. Huawei P40 Pro hadir di Indonesia dalam dua opsi pilihan warna yaitu Deep Sea Blue dan Silver Frost yang dibanderol dengan harga Rp 14.499.000. Sementara untuk HUAWEI P40 Pro+ masih dalam masa pre-order sampai 26 Juni dengan harga Rp 18.499.000 dan HUAWEI P40 dibanderol Rp 9.999.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read