Update Covid 19 : Menuju New Normal, Kasus Positif Makin Tinggi

0

Mediaguna.com – Di masa transisi menuju New Normal, Pasien positif virus corona di Indonesia justru makin bertambah. Per Senin (8/6) pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif bertambah 847 orang, sehingga total kini ada 32.033 terjangkit corona.

“Total (pasien positif) menjadi 32.033,” kata juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, di Kantor BNPB, Jakarta.

Jumlah pasien positif COVID-19 yang meninggal pun bertambah 32 orang. Sehingga jumlah pasien meninggal menjadi 1.883 orang.

Jawa Barat menjadi salah satu provinsi yang kini angka reproduksi efektif (Rt) terkait virus corona masih tetap berada di bawah 1. Bahkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan angka tersebut sudah terjadi sejak 3 minggu terakhir.

Namun, untuk mencegah adanya gelombang kedua, Pemprov Jabar akan melakukan tes masif corona di 700 pasar. Tes akan dilakukan dengan metode rapid test serta swab PCR.

“Minggu ini kita akan melakukan pelacakan di 700 pasar, karena kami mendapati di Jabar salah satu potensi persebaran yang perlu diwaspadai adalah pasar tradisional,” kata Ridwan Kamil, Senin (8/6).

“Di mana 500 dikelola pemerintah sedangkan 200 pasar pribadi itu se-Jabar untuk menunjukkan kedisiplinan dalam pengetesan kita,” imbuhnya.