Media Guna-Jambi. Selain objek wisata, Jambi juga memiliki spot untuk Car Free Day. Tempat tersebut adalah monumen Tugu Keris Siginjai.

Monument ini merupakan ikon dari Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Setiap sisi dari tugu ini dihiasi dengan lampu warna warni. Monument ini dijadikan tempat favorit semua masyarakat untuk akhir pekan.

Terbuka untuk umum, biasanya anak-anak muda yang sering nongkrong dan berada di tempat ini, bertujuan untuk memanfaatkan akhir pekan bersama teman-teman ataupun dengan pasangan. Jadwalnya setiap malam minggu.

Semua kendaraan yang ingin menuju kesini baik itu kendaraan beroda empat maupun beroda dua tidak bisa langsung menuju lokasi. Dikarenakan, akses jalannya sengaja ditutup. Jadi, setiap kendaraan harus memarkirkan kendaraan mereka pada tempat yang telah disediakan. Walaupun begitu, namun ada juga beberapa diantara para pengendara yang sengaja memarkirkan kendaraannya di bahu jalan sepanjang area Car Free Day.

Berlokasi di Paal Lima Kec. Kota Baru atau lebih tepatnya berada di bundaran depan Kantor Wali Kota Jambi. Tugu ini diresmikan oleh Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha yang bertepatan pada malam Tahun Baru 2018 yang lalu. Setiap sore akhir pekan dan dan minggu pagi di sekitar tugu, banyak dijumpai penjual makanan, mainan, permainan ketangkasan dan odong-odong di sepanjang jalan menuju tugu.

Salah satu pedagang yang berjualan makanan di sekitar tugu bercerita kepada kontributor Media Guna. “Alhamdulillah, kalau sudah malam minggu banyak pembeli. Walaupun kadang cuma beli air mineral. Tapi Alhamdulillah, dibandingkan daripada hari-hari biasanya bisa dikatakan sepi yang membeli. Kecuali malam minggu seperti sekarang ini alhamdulillah ramai yang mampir.” Kata Emi kepada kontributor Media Guna.

Sedangkan pedagang mainan yang diwawancarai oleh kontributor Media Guna mengatakan,  “Kalau sudah malam minggu, anak-anak yang datang untuk bermain banyak. Sebab, pilihan mainannya beragam. Alhamdulillah, tapi kalau selain dari malam minggu, satu-satu yang datang untuk bermain. Paling mereka melihat-lihat dan pulang. Tidak ada yang main ataupun mampir.” Ujar Manto bercerita dengan kontributor Media Guna.

Selain untuk menghabiskan akhir pekan bersama dengan orang tercinta dan keluarga, di sekeliling tugu keris siginjai juga dimanfaatkan dan dijadikan peluang untuk mencari uang. Baik dari para pedagang makanan yang menjajakan makanan, pedagang mainan yang membuat anak-anak betah berlama-lama bermain dan tidak ingin pulang, ataupun tukang parkir yang dapat rezeki juga dari tugasnya menjaga dan memarkirkan kendaraan yang silih berganti datang.

Itulah potret aktivitas masyarakat Jambi menikmati akhir pekan.