Waspada, Fitur Fast Charging Ternyata Bisa Merusak Ponsel

0

Media Guna – Perkembangan teknologi ponsel kian hari semakin menakjubkan. Salahsatu yang sedang jamak dinikmati pengguna ponsel jaman sekarang adalah teknologi fast charging.

Teknologi yang memungkinkan pengisian daya baterai berlangsung lebih cepat tersebut disukai karena membuat pengguna tak perlu berlama-lama menunggu sampai ponsel bisa digunakan kembali.

Fakta ini diungkapkan oleh salahsatu produsen ponsel ternama OPPO. Disebutkan oleh pabrikan ponsel Tiongkok itu bahwa faster charging sebenarnya tidak lebih baik dari charging standar.

Tapi tahukah anda bahwa ternyata teknologi fast charging ini mempunyai efek buruk terhadap ponsel?. Dilansir dari Gizchina, Selasa (12/5/2020), fast charging khususnya dengan daya 40W bisa berdampak pada usia baterai.

“Faster charging 40W bisa mempengaruhi usia baterai hingga 70%, jika dibandingkan dengan charging 15W daya hidup baterai sampai 90%,” ujar OPPO.

Uniknya, OPPO sendiri baru saja meluncurkan ponsel dengan faster charging 40W bulan lalu yaitu OPPO Ace2. Ponsel ini memiliki chipset Snapdragon 865 dengan kapasitas baterai 4.000 mAh.