Senin, 30 November, 2020
Beranda News Ekonomi Efek Corona, Penjualan Grup Toyota Global Turun

Efek Corona, Penjualan Grup Toyota Global Turun

Wabah Corona berdampak pada semua aspek kehidupan manusia di dunia, termasuk di industri otomotif. Terkini, grup Toyota Motor Corporation (TMC) yang menaungi penjualan merk Toyota, Hino dan Daihatsu di seluruh dunia mengumumkan penurunan penjualan.

Data penjualan disebutkan mengalami penurunan sampai 11 persen, atau hanya mencapai 2.316.925 unit pada Januari sampai Maret 2020. Data tersebut merupakan akumulasi penjualan mobil penumpang dan komersial di seluruh dunia secara grup, termasuk Daihatsu dan Hino.

Lebih detail, untuk Toyota perolehan penjualannya 2.064.989 unit atau terkoreksi 10,7 persen. Penurunan terbesar terjadi di luar Jepang yang mencapai 12,1 persen. Adapun penjualan Daihatsu hanya mencapai 212.890 unit saja di seluruh dunia alias minus 11,5 persen.

Merk lain dalam grup Toyota yang paling jeblok penjualannya adalah Hino. Hino tercatat hanya mampu menjual sebanyak 39.046 unit atau turun 19,7 persen.

Terkait hal ini, bos Toyota menyebutkan perubahan dunia karena wabah Corona membuat nasih industri otomotif tidak menentu. “Sangat mengejutkan betapa dunia bisa berubah dalam sekejap. Pada titik ini, kita tidak dapat melihat apa yang akan terjadi pada produsen mobil,” ujar Akio Toyoda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read