Trump Lebih Disukai Di Facebook Daripada Jokowi

0

Facebook adalah salahsatu platform media sosial yang dianggap bisa mendekatkan pemimpin dengan rakyatnya. Inilah mengapa cukup banyak pemimpin didunia yang memiliki akun Facebook dan sering berkomunikasi lewat akun tersebut.

Facebook juga bisa menjadi indikator popularitas seorang pemimpin di tengah masyarakatnya. Jumlah followers dan pertumbuhan followers mencerminkan hal tersebut.

Sebuah firma komunikasi global, BCW (Burson Cohn & Wolfe) bersama Twiplomacy melakukan riset bertajuk “World Leaders on Facebook 2020“. Riset ini bertujuan melihat bagaimana para pemimpin dunia, pemerintah dan organisasi internasional berkomunikasi melalui media sosial Facebook.

Dalam riset tersebut, akun Facebook milik presiden Amerika Serikat lebih populer daripada akun presiden Indonesia, Joko Widodo. Dalam daftar Most Liked Leaders 2020, Trump berada di peringkat kedua dan Jokowi berada di peringkat ketujuh.

Trump memiliki 26,1M follower dengan pertumbuhan follower sebesar 9,4% sedangkan Jokowi hanya memiliki 9,7M follower dengan pertumbuhan follower sebesar 9,1%. Adapun pemimpin dunia dengan follower terbanyak diduduki oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dengan jumlah 44,7M follower.