Perhatikan, Ini Gejala Baru Virus Corona

0

WASHINGTON – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menambah enam gejala baru virus corona dalam daftarnya. Menurut CDC, gejala-gejala baru yang bisa muncul 2-14 hari setelah terpapar virus corona adalah:

  • Panas dingin
  • Menggigil
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Kehilangan rasa atau bau

Sebelumnya, CDC hanya mencatat tiga gejala virus corona, yaitu sesak nafas, batuk dan demam.

Namun seiring berjalannya waktu, Mario Ramirez, mantan Direktur Pelaksana Kantor Pandemi dan Ancaman di masa Pemerintahan Barack Obama, mengatakan, frekuensi gejala virus corona berubah. Bahkan, pada penyakit berulang seperti influenza musiman.

Ramirez, yang juga seorang dokter gawat darurat, menyatakan, tren lokal dalam gejala virus corona memungkinkan CDC untuk informasi yang menangkap segmen populasi yang tepat untuk pengujian.

Kehilangan rasa atau bau

Mengenai gejala kehilangan rasa atau bau, muncul sekitar pertengahan Maret lalu. Sebuah studi pada pasien Covid-19 di Eropa menemukan, 85,6% hingga 88% pasien melaporkan disfungsi penciuman dan gangguan fungsi pencernaan.

Selain itu, di Iran, sebuah penelitian menemukan 76% dari 19 pasien yang kehilangan penciuman mengatakan, kejadiannya mendadak. Kehilangan penciuman atau anosmia, dalam banyak kasus muncul sebelum gejala lain.

Kelelahan

Kelelahan sebelumnya tidak terdaftar di daftar CDC, tapi itu terjadi pada sejumlah pasien Covid-19.

Salah satu pasien Hedy Bauman mengungkapkan, dia merasa kelelahan bahkan saat membaca. Kamar mandinya hanya 15 langkah, tapi dia tidak yakin bisa pergi ke kamar mandi dari tempat tidurnya.